Kepada pembaca, relasi dan pemasang iklan, Sumut Pos tidak terbit pada edisi 1-2 Januari 2011, sehubungan libur Tahun Baru 2011.
Kami akan hadir kembali pada Senin, 3 Januari 2011. Terimakasih Penerbit

Demam Panggung, Mati Gaya

10:20, 15/12/2010
Demam Panggung, Mati Gaya
Foto diperagakan: Bellia Kharisma (siswi SMA Negeri 3 Medan) //laila azizah/Sumut Pos

Sobat Xpresi (sobeX) mungkin sering mengalami demam percaya diri atau lebih dikenal dengan demam panggung. Contohnya aja di kelas, jika diperintah maju oleh guru, langsung gemetar, keringat dingin keluar, dan bicara pun tergagap-gagap. Trus, jadi mati gaya deh!

Hhhmmm…apalagi kalau sampai naik ke panggung sebagai pembicara, penari, atau jalan di catwalk sebagai model, pasti perasaannya bercampur aduk. Mulai dari perut mulas, tubuh gemetaran sampai mandi keringat. Ya kan? Hayoo…ngaku…

Hal yang seperti ini bukan hanya dialami oleh orang-orang yang baru pertama kali tampil di depan umum, bahkan mungkin orang yang sudah terbiasa tampil di muka umum bisa saja demam panggung.

Hal-hal yang seperti ini biasanya hadir karena kita sering berpikiran negatif tentang diri kita sendiri. Misalnya, kita selalu berpikiran kalau kita tidak pernah bisa.

Hal-hal tersebut yang mengakibatkan kita kehilangan rasa percaya diri. Misalnya nih, kalau tampil sebagai pembicara atau pembawa acara, kita harus menguasai setiap detail yang akan kita sampaikan.

Tentunya, hal ini dilakukan dengan latihan. Mungkin latihan berbicara di depan cermin. Begitu juga untuk dance, nyanyi dan lainnya. Intianya, harus latihan matang dulu sebelum naik panggung.

Nah, kemudian, kita harus berusaha mengendalikan emosi dan rasa takut yang muncul di diri kita, dan menjadikan emosi kita itu spirit untuk mencapai hal yang kita inginkan.

Ngomong-ngomong soal demam panggung nih, ternyata sobeX pernah mengalaminya (88 persen). Sisanya, 12 persen nggak pernah karena nggak pernah naik panggung dan sebagian lagi sering naik panggung tapi penuh percaya diri alias nggak demam panggung.

SobeX ngerasain demam panggung saat saat naik ke pentas buat nge-band (9 persen), jadi pembawa acara di sekolah (22 persen), saat dance/nari di sekolah (11 persen), dan saat di suruh guru tampil di depan siswa lain (58 persen).
Sebenarnya yang membuat sobeX sampai demam panggung karena ngerasa grogi banget (19 persen), karena gugup dan pemalu (16 persen), karena kurang percaya diri (44 persen). Tapi, ada juga 21 persen nggak tahu alasannya.
Kayak pengalaman Arini Damayanti, siswi SMA Negeri 1 Medan ini. “Saat itu ada acara 17 Agustus-an di sekolah. Aku tampil ke panggung.Duh, rasanya grogi banget. Badan gemetaran, gugup, perut mules dan pengen ke toilet. Tapi untungnya aku bisa fokus sehingga bisa maksimal tampil di panggung,” ujarnya. (ila)


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar