Pagi Surut, Siang Pasang

11:07, 31/12/2010
Pagi Surut, Siang Pasang
LIHAT PANTAI: Dua warga melihat air laut di Pantai Cermin, Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (30/12).//Anwar/sumut pos

SERGAI-  Pasang dan surut air laut di pesisir pantai di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai adalah siklus normal yang terjadi setiap harinya. Jika pagi hari, air akan mulai surut dan menjelang siang air kembali pasang mengikuti gerak atau rotasi bulan yang mengitari bumi.

Pantauan wartawan koran ini, Kamis (30/12) sekitar pukul 10:00 WIB, air laut mengalami surut. Kondisi ini membuat daratan kelihatan yang menjorok ke tengah sekitar 1 km dari bibir pantai.

Sedangkan pada  siang hari, mulai pukul 14:00 WIB akan kembali pasang, air laut menggenangi pinggir pantai.
“Siklus pasang surut selama ini normal setiap harinya, jika surut sejumlah nelayan dan keluarganya akan mencari kerang dan kepah di lokasi yang agak menjorok ke tengah laut. Memang setiap harinya seperti itu, hanya sepekan sekali ada pasang besar dan pasang mati,” ujar Naidan (45) warga yang rumahnya berada di pinggir pantai, Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai.

Menurutnya, sekarang ini air laut sedang mengalami pasang mati, jika demikian ombak laut akan lebih tenang daripada pasang besar, seperti yang terjadi lima hari yang lalu. “Kendati demikian, surutnya air laut tidak melebihi 1 km dari bibir pantai,” bilang Atan.(mag-15)


YM

 
PLN Bottom Bar