Honda Freed Kabin ala Café, Kursi ala Bioskop

13:35, 13/08/2009

MEDAN-Mobil pabrikan Jepang, Honda Freded tercatat berhasil menguasai pasar otomotif di Negara Jepang pada pertengahan tahun 2008 dan meraih penghargaan pada car of the year di Jepang. Kini Honda Freed hadir di Indonesia, tepatnya Juni 2009 lalu. Mobil ini merambah pasar Kota Medan mulai Juli 2009 kemarin.

Dicky Rizaldi, Sales Supervisor Honda Arista SM Raja mengatakan, Honda Freed hadir dengan fitur yang menjadi idaman keluarga Indonesia. Mobil sekelas MPV ini hadir memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara dan penumpangnya. Muatannya mampu mengangkut 7 penumpang.
Ruang interiornya lapang karena desainnya menganut konsep perpaduan triangle dan square. Mobil yang membidik new generation family ini mempunyai sekitar 12 keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Paling menyolok dari eksteriornya desainnya memadukan konsep triangle (bagian depan) dan square. Perpaduan ini memberi banyak keuntungan. Porsi paling besar di antaranya pada kelegaan ruang penumpang tengah dan belakang.

Kemudian buka tutup kedua pintu dengan sistem sliding door. Pengoperasiannya bisa dari tombol di pintu, dasbor di belakang kanan kemudi dan remote. Bahkan pintu akan mengunci secara otomatis saat mobil melaju pada kecepatan 18 km/jam. Selain versi elektrik, juga ada versi manual.
Termasuk, konstruksi bodi sudah mengadopsi teknologi  ACE (Advanced Compatibility Engineering) dan GCON serta pedestrian body structure. Ini bukti kepedulian Honda pada keselamatan pengendara dan penumpang yang diperkuat dengan tambahan Dual SRS airbag serta pejalan kaki. Pantas kalau mendapat 6 bintang setelah lulus uji keselamatan JNCAP.

Untuk mesin, basisnya masih sama dengan Jazz berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC. Freed sudah memenuhi standar Euro 4 berkat pemakaian teknologi LAF sensor, O2 Sensor dan Catalytic Converter. Untuk ruang kemudi terasa lega karena tanpa ada console box. Sedang tongkat transmisi matik dipindahkan ke dasbor yang dirancang model dual layer dan pada bagian tengah bisa untuk meletakkan hp, dompet, pulpen, korek api dan lainnya.
Untuk ruang kabin, Honda Freed menerapkan konsep open cafe interior. “Kesan mewah open café pada bagian depan penumpang yang ada disamping supir karena lapang. Open cafe diilhami dari café  di eropa sehingga dapat memandang aktifitas lainnya ketika melakukan aktifitas juga. Makanya disebut open café,” terang Dikcy lagi.

Selain lebar dan nyaman, penumpang mudah berjalan dari depan ke belakang dan sebaliknya. Kemudahan ini mereka namakan free walk through. Apalagi buat ukuran anak-anak dan remaja.

Tak cuma akses jalan, ke luar masuk kabin pun begitu mudah karena lantainya dari depan sampai ke belakang rata. Konsep ini dinamakan one step low floor. Lapangnya ruang kabin, selain karena lantai datar, seperti konstruksi kursinya terkesan di bioskop.

Honda Freed ada dua tipe, hanya berbeda pada pintunya. Untuk pintu sliding manual harganya dipatok Rp248 juta. Untuk pintu power sliding door harganya Rp268 juta. Ada enam varian warna pada Honda Freed.  Yakni, Luminous Blue Pearl, Alabaster Silver Metalic, Brilliant White Pearl, Basque Red Pearl, Crystasl Black Pearl dan Polished Metal Metalic. (mag-6)


YM

 
PLN Bottom Bar