Tips Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

08:42, 24/10/2009

Akhir minggu biasanya merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga. Karena di akhir minggu merupakan saat Anda bisa bersantai dan berkumpul bersama anggota keluarga di rumah.

Dengan makin sibuknya setiap anggota keluarga dan rutinitasnya sehari-hari, maka makin sedikit waktu yang tersedia setiap hari untuk sekadar bisa berkumpul dan mengobrol bersama. Semua sudah terlalu lelah ketika kembali ke rumah. Kualitas dan kuantitas hubungan antar anggota keluarga pun menurun.

Tak heran jika Anda ingin memanfaatkan waktu libur semaksimal mungkin untuk beristirahat dan bersenang-senang bersama keluarga. Tapi mengisi waktu libur setiap kali dengan hanya berkumpul dan beristirahat di rumah tentu akan membosankan. Anda harus mendiskusikan berbagai pilihan aktifitas bersama anggota keluarga yang lain. Pilihlah aktifitas yang ringan dan menyegarkan pikiran. Di bawah ini adalah alternatif yang bisa dipilih

Bersih-bersih rumah
Siapa yang bisa santai jika keadaan rumah kotor dan berantakan? Minimal setiap bulan sekali, ajaklah anggota keluarga untuk bergotong royong bersama-sama membersihkan rumah. Mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu hingga garasi dan halaman rumah. Rumah yang kotor, selain tak sedap dipandang mata, juga merupakan sumber penyakit. Bila rumah sudah bersih, Anda bisa nyaman bersantai bersama keluarga di akhir pekan.

Olahraga
Lakukan olahraga yang digemari seluruh anggota keluarga dan menyenangkan. Misalnya jogging, berenang, bersepeda atau hiking. Waktu libur adalah saat yang tepat untuk olahraga. Tapi jangan terlalu diforsir, lakukan dengan riang gembira, yang penting Anda bisa bersenang-senang bersama keluarga dan jadi sehat.

Film dan Musik
Pergi nonton bioskop, makan di luar ataupun hanya sekadar jalan-jalan juga bisa menyenangkan. Kegiatan lainnya adalah nonton konser musik, pertunjukan tari, teater, mengunjungi pameran lukisan, dsb. Atau jika malas keluar rumah, sewa VCD atau DVD dengan film terbaru yang bisa ditonton bersama-sama di rumah. Bisa juga berkaraoke di rumah.

Berkunjung ke sahabat atau kerabat dekat
Hari libur adalah kesempatan yang paling tepat untuk bertemu dengan orang-orang yang dekat dengan Anda, seperti tetangga, keluarga dekat, atau sahabat. Lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama mereka, misalnya memasak, berkebun, pesta barbeque, atau sekedar berbincang-bincang ringan. Hal ini akan mempererat tali persaudaraan, sekaligus juga menyenangkan.

Wisata Makan
Jika seluruh anggota keluarga senang mencoba makanan baru, tak ada salahnya Anda dan keluarga pergi menikmati berbagai restoran atau tempat makan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Aktifitas ini memang agak-agak menghabiskan biaya, tapi menyenangkan bila semua anggota keluarga bisa menikmati.

Jalan-jalan
Kegiatan yang satu ini banyak dipilih dalam rangka mengisi waktu libur. Tidak perlu jauh-jauh, cukup ke mal atau tempat rekreasi terdekat. Ke luar kota boleh saja, tapi jaraknya tidak terlalu jauh.

Anda juga harus memperhitungkan waktu tempuh dan kemacetan yang mungkin saja terjadi. Bukannya jadi santai, salah-salah Anda semua jadi kelelahan. Mungkin bepergian ke luar kota yang jauh dapat dilakukan kalau waktu libur cukup panjang atau jika Anda mengambil cuti. (net/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar