Dua Kewarganegaraan, Terganjal Ratifikasi FIFA

10:02, 30/12/2009

Kevin Prince Boateng Gagal Bela Timnas Ghana di Piala Afrika 2010

Asa Kevin Prince Boateng membela timnas Ghana tertunda. Dia harus menunggu hasil ratifikasi FIFA mengenai status kewarganegaraannya.

Kevin Prince Boateng memang memiliki dua kewarganegaraan, yakni Jerman dan Ghana. Jika ratifikasi itu disahkan FIFA, Kevin Prince dapat memperkuat timnas Ghana. Sayang, gelandang Portsmouth tersebut belum mendapatkan pengesahan. Karena itu, pada Piala Afrika 2010 Angola, dia belum tampil.

Kendati begitu, Kevin Prince sama sekali tidak menyesali pilihannya untuk membela Ghana, bukan Jerman. Padahal, dia pernah menjadi pemain timnas Jerman U-21. Pilihan yang dia ambil berbeda dengan sang adik, Jerome Boateng.

Ya, Jerome memutuskan untuk membela Jerman. Bahkan, penggawa Hamburg SV tersebut dua kali membela Jerman di kualifikasi Piala Dunia 2010. Jika Kevin Prince bisa tampil di Piala Dunia 2010, keduanya akan bersua.

Kebetulan, Ghana dan Jerman berada dalam satu grup di Piala Dunia 2010. Black Stars (julukan Ghana) dan Jerman di grup D bersama Australia dan Serbia. “Saya sangat senang begitu tahu satu grup dengan Ghana,” tutur Jerome kepada Hamburger Morgenpost.
“Ayah saya asal Ghana dan tentu saja itu akan sangat spesial untuk kami. Saya sama sekali tidak berharap bersua Portugal atau Prancis. Kami senang berada jauh dari dua negara tersebut selama fase grup,” ucap bek berusia 21 tahun itu.
Selain itu, dia mendukung pilihan saudara tuanya, Kevin Prince, yang memutuskan membela Ghana. Sejak lama, Kevin Prince mengimpikan membela Ghana, negara asal ayah mereka, di pentas internasional.

Bagi Kevin Prince, kegagalan memperkuat Ghana di Piala Afrika 2010 tidak begitu disesali. Saat ini, dia bisa terfokus membela klubnya di Premier League. Apalagi, Portsmouth kehilangan sederet pilar utama ke Piala Afrika 2010.

Mereka, antara lain, Hassan Yebda dan Nadir Belhadj yang membela Aljazair, Nkwanko Kanu (Nigeria), serta Aruna Dindane (Pantai Gading). “Ghana adalah masa depan saya, 100 persen,” tutur Kevin Prince seperti dikutip Goal.

“Saya ingin bermain untuk Black Stars. Jika bisa terus bermain baik dan berkembang bersama Portsmouth, saya pikir ada peluang besar buat saya di Ghana pada Piala Dunia 2010,” tegas pemain berusia 22 tahun itu.

“Saya tak kecewa karena tidak menjadi bagian dari Piala Afrika. Hanya, rasanya akan sangat luar biasa jika saya berada di sana dan ikut membantu Ghana merebut hasil maksimal. Tapi, sekarang saya tetap senang dan fokus ke Portsmouth,” lanjutnya. (ham/aww/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar