Masih Ada Klub Larang Pemain Gabung Timnas

13:30, 27/09/2009

JAKARTA – Klub-klub masih saja melagukan nyanyian lama, mempersulit pemain bergabung ke Tim Nasional (Timnas), utamanya senior proyeksi Pra Piala Asia 2011. Hingga kemarin hari kedua latihan, baru 15 pemain yang bergabung di POR Pelita Jaya, Sawangan, Depok. Jumlah itu jauh dari 23 pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional (BTN).

Malah salah satu klub memutuskan untuk tak mengirimkan pemain ke Timnas. Yakni, Persipura Jayapura. Klub berjuluk Mutiara Hitam itu tak hanya melarang pemain Timnas Senior—Ricardo Salampessy dan Boaz Solossa—terbang ke Jakarta, tapi juga pemain U-23 proyeksi SEA Games XXV/2009 Laos, Immanuel Wanggai dan Stevie Bonsapia.

Anthon T Imbenai, asisten manajer Persipura, mengatakan kebijakan itu berdasarkan keputusan manajemen Persipura yang mempertimbangkan persiapan tim menuju ISL dan Liga Champion (LCA). “Sebenarnya kami ingin pemain membela Timnas tapi kami masih ada program latihan yang tidak bisa ditinggalkan pemain,” ujar Anthon.

Kebetulan, mulai hari ini (27/9) sampai Minggu (4/10) Persipura bakal mengikuti Kraton Cup di Jogjakarta. Pada 7 Oktober nantipun tim besutan Jacksen F Tiago itu juga memiliki agenda turun dalam Community Shield, laga ekshibisi antara juara ISL, Persipura, dan Copa Indonesia, Sriwijaya FC.

Anthon berharap Badan Tim Nasional (BTN) memaklumi sikap Persipura. “Kami tahu rincian jadwal pelatnas sampai pertandingannya, cuma bagaimana lagi manajemen sudah memutuskan tak melepas pemain,” ungkap Anthon. Namun, dia mengakui belum menyatakan keputusan tersebut secara resmi kepada BTN.

Sementara itu, Andi Darussalam Tabusalla, manajer Timnas, memilih menunggu pemain untuk berkumpul di Sawangan. Pihaknya menilai keterlambatan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Dia yakin klub akan tetap merelakan pemain yang dimiliki untuk bergabung dalam tim besutan Benny Dolo itu. “Kami akan tanyakan sebab keterlambatan pemain sampai di Sawangan. Klub sudah tahu kesepakatan yang kami buat,” ujar Andi.

Dia juga menegaskan Timnas tetap akan berjalan meski pemain belum lengkap benar. Kemarin pelatnas dimulai dengan latihan fisik. Maklum jadwal pertandingan kian dekat. Laga terdekat harus dilakoni skuat Merah Putih pada 14 November nanti kontra Kuwait. Latihan akan kembali terpotong karena para pemain bakal dikembalikan ke klub masing-masing bertepatan dengan kickoff ISL 11 Oktober nanti. (vem/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar