Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

13:41, 10/09/2009

Sumber belajar adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud lain yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar. Sumber tadi dapat dipakai secara terpisah maupun kombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya (AECT,1977). 
Sumber belajar tersebut dapat dibedakan menjadi enam jenis, yaitu pesan (message), orang (people), bahan (materials), alat (tool and equipment), teknik (technique) dan lingkungan (setting).

Pesan adalah segala informasi dalam bentuk ide atau gagasan, fakta dan data, yang disampaikan kepada siswa. Biasanya pesan-pesan ini sudah tertuang dalam kurikulum yang berlaku. Orang adalah manusia yang berperan sebagai pengolah dan penyaji pesan, seperti guru, pembimbing, dan narasumber lain (resource person) yang dilibatkan dalam kegiatan pambelajaran.

Bahan berkaitan dengan software atau perangkat lunak yang berisi pesan pembelajan, seperti buku teks, modul, majalah, paket belajar, film, program televisi dan kaset audio. Alat adalah perangkat keras (hard ware) yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran, seperti proyektor OHP, televisi, proyektor slide, slide dan pesawat radio.

Teknik adalah prosedur yang digunakan untuk menyajikan pesan atau bahan ajar, seperti simulasi, diskusi, demonstrasi, pemecahan masalah. Sumber belajar yang terakhir, yaitu lingkungan yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar.

Dalam kamus umum Indonesia (KUBI), lingkungan diartikan sebagai bulatan yang melingkari. Pengertian lainnya, lingkungan adalah sekalian yang terlingkup di suatu daerah. Dalam literatur lain disebutkan, lingkungan merupakan kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup. Termasuk didalamnya manusia, perilaku dan makhluk hidup lainnya.

Lingkungan itu terdiri dari unsur biotik (makhluk hidup), abiotik (benda mati) dan budaya manusia. Jalinan hubungan antara manusia dengan lingkungan tidak hanya ditentukan dengan jenis dan jumlah makhluk hidup dan benda mati, juga oleh budaya manusia itu sendiri.
Lingkungan sebagai sumber belajar dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang ada di sekeliling siswa baik makhluk hidup lain, benda mati dan budaya manusia yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran secara lebih optimal.

Lingkungan yang ada di sekitar siswa adalah satu sumber yang dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar secara optimal. Apabila Anda mengajar dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar, hal itu akan lebih bermakna dan bernilai. Sebab para siswa diharapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya.  (bersambung)

Oleh:
Aptisoma
Guru SD Al-Ittihadiyah
Medan


YM

 
PLN Bottom Bar