Perpustakaan Masuk Instansi

10:15, 29/12/2010

MEDAN-Minat dan budaya baca Warga Sumatera Utara terus digeber. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumut melalui Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sumut, memberikan bantuan buku ke 10 instansi di Sumut, Selasa (28/12).

10 instansi tersebut adalah Polisi Daerah Sumut, Kejaksaan Tinggi Sumut, BPK RI Perwakilan Sumut, Inspektorat Sumut, Batalyon Kavaleri 6/Serbu, Lantamal I Belawan, Lapas Kelas I Medan, Perguruan As Syafi’iyah Internasional Medan, PWI Cabang Sumut dan Pramuka Sumut.

Tak hanya memberi buku, BPAD juga menyerahkan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) yang merupakan bantuan Perpustakaan Nasional RI kepada 3 kabupaten/kota di Sumut yakni Medan, Labuhan Batu Selatan dan Nias Selatan.

Kepala BPAD Sumut, Nurdin Pane mengatakan, pihaknya berharap seluruh masyarakat Sumut dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan tersebut guna peningkatan SDM yang andal. “BPAD Sumut terus menerus menciptakan inovasi perbaikan dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan. Kami telah menerima penghargaan ‘Piagam Madya Citra Pelayanan Prima 2010 dari Menpan dan Reformasi Birokrasi,” ungkapnya.

Buku-buku perpustakaan yang diberi ke instansi ini masing-masing menerima 2000 eksemplar buku dilengkapi dengan mobilernya, seperti rak buku, meja baca, kursi dan perlengakapan lainnya. Sedangkan tiga kabupaten/kota yang menerima MPK masing-masing mendapatkan satu unit mobil dilengkapi dengan 1.860 eksemplar buku di dalamnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, SDA dan Keuangan, R Sabrina mengatakan, kegiatan ini sangat positif dalam rangka pengembangan perpustakaan dan peningkatan minta baca Sumut. “BPAD Sumut memiliki tugas dan fungsi pokok yang diatur dalam Peraturan Gubernur Sumut Nomor 8 Tahun 2010. Yakni, membantu gubernur dalam perumusan kebijakan dan pengembangan di Sumut. Dan BPAD Sumut juga dituntut terus meningkatkan program kerja dalam mencerdaskan masyarakat Sumut melalui pemenuhan informasi dan koleksi perpustakaan yang bermutu,” terangnya. (saz)


YM

 
PLN Bottom Bar