Kepada pembaca, relasi dan pemasang iklan, Sumut Pos tidak terbit pada edisi 1-2 Januari 2011, sehubungan libur Tahun Baru 2011.
Kami akan hadir kembali pada Senin, 3 Januari 2011. Terimakasih Penerbit

Repotnya Punya Pacar Cemburuan

09:41, 10/01/2010
Repotnya Punya Pacar Cemburuan
Repotnya Punya Pacar Cemburuan

Jatuh cinta berjuta indahnya. Biar siang,
biar malam terbayang wajahnya.
Jatuh cinta berjuta indahnya. Biar putih,
biar hitam manislah namapaknya
Dia jauh, aku cemas tapi hati rindu
Dia dekat Dia dekat aku senang tapi salah tingkah
Dia aktif aku pura-pura jual mahal
Dia diam aku cari perhatian
Oh repotnya..
Tertawa, menangis karena jatuh cinta
Oh asyiknya

Begitulah salah satu bait lagu berjudul Jatuh Cinta yang dipopulerkan oleh Eddy Silitonga. Ya, bicara soal cinta memang sangat indah. Sebuah dongeng buku cerita karangan HC Andersen, dimana sang Putri akhirnya selalu hidup berbahagia selamanya dengan sang Pangeran. Tidak ada cerita dimana kedua belah pihak harus saling bertoleransi dan saling mengerti dan menjaga perasaan cinta agar tetap menyala.

Tapi, menurut Nina Ravi, warga Jalan Setia Budi Medan, baginya cinta tidak selalu indah. Apalagi jika memiliki pacar yang pencemburu. Terbayangkan, bila memiliki pacar pecemburu membuat Nina jadi sulit bergerak dan bergaul dengan teman-temannya. “Cemburu memang pertanda sayang. Tapi kalau cemburunya kelewatan, gak enak kan. Kemana-mana selalu dicemburui. Jadi susah bergerak. Ujung-ujung jadi bertengkar,” ujar wanita berzodiak Pieces ini.

Begitu juga disaat Nina belajar mengenai apa itu cinta. disaat menginjak masa puber, Nina mulai mengenal apa itu yang namanya cinta. Semua seru, lucu, mengharukan, penuh pengorbanan, penuh kenangan. “Mungkin kenangan yang tidak mudah dilupakan oleh semua orang adalah kenangan tentang cinta,” kata Nina.

Nina mengaku, pada saat pertama mengenal cinta, lebih hanya mengerti bahwa bagaimana itu cinta tanpa mengerti arti yang sesungguhnya, yang biasa orang bilang, Cinta Monyet (bukan bercinta dengan monyet). Lalu, pada cinta berikutnya, Nina mulai mengerti apa itu pengorbanan dan sedikit pengertian yang sedikit mendalam.

Pada cinta berikutnya lagi, sambung Nina, jadi lebih tau apa itu pengertian, pengorbanan dan berjuang demi cinta itu. Bagaimana harus bisa bertahan dalam hidup, mulai bisa mengerti caranya.

Pada cinta yang sedang dilalui, jadi jauh mengerti apa itu cinta yang membutuhkan pengertian, tulus ikhlas, sedikit pengorbanan dan berjuang dalam melaluinya meski harus melewati dengan pertengkaran-pertengkaran karena rasa cemburu. “Aku juga punya rasa cemburu, tapi gak terlalu karena aku gak mau posesiv,” tambah Nina, pebisnis ikan hias ekspor-impor ini.

Nina tidak menampik kalau pacarnya selalu cemburu karena. Ini karena Nina punya banyak teman lelaki karena dirinya memang suka gaul. “Mungkin karena saya punya banyak teman lelaki sehingga pacar saya cemburuan. Ya, tapi maunya yang penting kasih kepercayaan saja, toh kepercayaan itu akan selalu saya jaga,” pungkas Nina.

Meskli kadang Nina merasa kesal memiliki pacar yang cemburuan, tapi Nina juga merasa bahagia selalu dicemburi. “Cemburu, artinya kan sayang. Kalau dicemburui terus, berarti memang pacar kita sayang sama kita. Tapi kalau berlebihan, bisa repot juga,” pungkas Nina sambil tersenyum. (ila)

Jujur Menghapus Kecemburuan

Pacaran merupakan salah satu pilihan dalam hidup kita. Ada yang sudah siap secara mental, ada juga yang belum. Namanya juga pilihan, tentu saja ada untung dan ruginya. Tapi yang jelas, pacaran adalah salah satu tahap yang mengantar mental kita ke tahap berikutnya, yakni kedewasaan.
Sebab, menurut Psikolog RSU Pirngadi Medan, Antis Naibaho, dalam hubungan pacaran, kita “dilatih” untuk mengenal orang lain, beradaptasi, bertoleransi, maupun memutuskan sesuatu yang sulit (putus, misalnya). Banyak hal yang bisa kita pelajari saat berinteraksi dengan lawan jenis ini. Dan tentunya, banyak pula pertanyaan yang kadang bikin sakit kepala.

Menurutnya, pacaran yang baik adalah pacaran yang sehat, baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Sehat secara fisik maksudnya tidak saling menyakiti fisik kedua belah pihak dalam arti tidak menimbulkan kehamilan, tidak ada kekerasan fisik (memukul atau dipukul, menendang atau ditendang, dan sebagainya).

Sehat secara psikis berarti tidak mengganggu jiwa, tidak mengakibatkan perasaan jadi tertekan, membuat sedih, gelisah, takut, dan seterusnya.  Sedangkan sehat secara sosial maksudnya tidak mengganggu masyarakat dan tidak melanggar nilai-nilai yang ada di masyarakat.
Untuk menghadapi pacar yang cemburuan, sebaiknya jujur dan terbukalah sama pacar. “Kalau tidak ada yang disembunyikan, maka pacar tidak punya peluang untuk cemburu. Bila cara ini tidak membuatnya jinak, berarti memang ada yang salah dengan dirinya. Atau, jangan-jangan ada yang salah dengan sikap kita. Obrolkan saja,” pungkasnya. (ila)

Bersikap Tenang dan Sabar

Bagi Anda yang memiliki pacar dengan kecemburuan tingkat tinggi, tidak perlu khawatir. Banyak cara kok untuk bisa membuatnya percaya pada Anda.

  1. Ketika berjalan dengan pasangan, kenakan sunglasses.
    Gunanya untuk mempermudah Anda melirik gadis-gadis cantik atau pria tampan di jalan tanpa harus membuat si dia cemburu.
  2. Kalau Anda mempunyai sahabat karib berlainan jenis, jangan lantas menjaga jarak. Persahabatan itu mahal.       
    Kuncinya, dengan siapa pun Anda bergaul, hubungan cinta tetap menjadi prioritas.
  3. Maksud hati sih ingin mengenal teman-teman si dia.
    Namun, kalau jadi terlalu dekat dengan lawan jenis, pacar bisa naik pitam. Jadi, coba deh untuk bersikap wajar  dengan teman wanita atau pria.
  4. Siapa suka dibanding-bandingkan? Bila Anda melihat perempuan lain lebih cantik atau memiliki keahlian yang tidak dimiliki pasangan, yah biarkan saja keadaannya seperti itu. Setiap orang punya kelebihan dan keterbatasan. Kalau Anda tulus mencintai, haruslah bisa be        lajar harus menerima apa adanya.
  5. Tidak melibatkan pasangan dalam perencanaan masa depan. Ini sama saja dengan bermain-main dalam cinta.
      Jangan heran kalau nantinya pasangan akan menerka-nerka Anda memiliki pilihan lain, lalu memutuskan untuk meninggalkan Anda.
  6. Bersikaplah tenang saat menghadapi pacarmu yang se dang terlalu khawatir dan cemburu. Jangan sampai kamu terpancing emosi tanggapi setiap kekhawatirannya dengan kepala dingin.
  7. Berilah waktu yang lebih untuk pasanganmu supaya ia   bisa tenang dan dapat berpikiran secara logis.
  8. Bersabarlah dan tanggapi setiap tuduhannya dengan   lembut dan pengertian.
  9. Yakinkan kepada pasanganmu bahwa kamu berkomitmen dengan hubungan yang kalian jalani saat ini.
    Seperti dilansir Askmen, ini merupakan tips bagi para pria yang berniat meredam kecemburuan pasangannya. Namun selama Anda menghargai pasangan dan memperlakukannya dengan rasa hormat, maka tidak ada alasan ia meragukan niat Anda. Buktikanlah. (net/jpnn)

duduk


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar