Raih Pekerjaan Impian via Internet

10:10, 15/01/2010

Makin banyaknya situs lowongan kerja yang ditawarkan, bisa menjadi pilihan mudah dan praktis mendapatkan pekerjaan bagi banyak pencari kerja. Namun, saking banyaknya pilihan di dunia maya, justru bisa membuat Anda stres dan bingung.

Berikut langkah-langkah di dunia maya yang bisa Anda gunakan untuk menemukan pekerjaan impian dengan cepat.
Kesan pertama adalah senjata utama.

Sebagian besar situs lowongan pekerjaan meminta Anda memasukkan surat lamaran dan resume lewat surat elektronik. Ada juga perusahaan yang membuka lowongan dengan mengisi lamaran secara elektronik, atau keduanya. Saat mengisi aplikasi, pastikan untuk mengisi semua bidang dan periksa kesalahan tata bahasa. Calon perusahaan Anda pastinya ingin mewawancarai seseorang yang kompeten dalam bidangnya. Surat lamaran kerja yang baik adalah kesempatan untuk memberikan kesan pertama.
Cari peluang baru.

Pertahankan dan jalin hubungan dengan teman dan kolega di daftar AIM dan akun Twitter. Bisa saja beberapa teman lama memberi informasi mengenai lowongan kerja. Kontak dengan kolega dan teman dari masa lalu, membuka peluang Anda menemukan peluang baru. Mungkin Anda tidak akan mendapat respon semua orang, tapi menjalin pertemanan tidak pernah menyakitkan.    Gunakan Resume.

Manfaatkan situs yang membantu menampilkan resume Anda dan membantu memperbaruinya. Bagi calon pencari kerja, resume sangat penting karena mulanya Anda dinilai hanya dari selembar kertas. Jadi, buatlah resume berharga untuk dibaca, hindari resume warna pink dan beraroma parfum.

Tindaklanjuti Perusahaan Potensial.
Setelah mengikuti semua tips di atas, tindaklanjuti semua lamaran melalui telepon atau surat elektronik apabila tidak mendapat pemberitahuan selama dua minggu. Kirimkan ucapan terima kasih untuk menunjukkan dedikasi, dan membuat resume Perusahaan akan melihat Anda serius mengenai pekerjaan baru dan sangat antusias mengikuti proses wawancara

Anda naik ke permukaan tumpukan.
Perusahaan akan melihat Anda serius mengenai pekerjaan baru dan sangat antusias mengikuti proses wawancara. Namun hati-hati agar tidak memperlihatkan antusiasme berlebihan karena sangat mengganggu calon perusahaan.

Raih Pekerjaan
Langkah-langkah di atas telah membantu pencarian tanpa stres serta meraih pekerjaan impian. Sekarang saatnya membuktikan pada perusahaan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. (net/bbs)


YM

 
PLN Bottom Bar