Kepada pembaca, relasi dan pemasang iklan, Sumut Pos tidak terbit pada edisi 1-2 Januari 2011, sehubungan libur Tahun Baru 2011.
Kami akan hadir kembali pada Senin, 3 Januari 2011. Terimakasih Penerbit

Mengubah Kerja Lembur Jadi Asyik

09:38, 05/02/2010

Kerja lembur merupakan hal yang membosankan. Menghabiskan waktu lebih dari 8 jam sehari di kantor sudah pasti menjemukan. Seharusnya Anda sudah bisa berkumpul dengan keluarga, namun karena lembur Anda harus mengubur keinginan itu sementara.

Tapi bukan berarti dunia kiamat, kalau Anda terpaksa ‘bermalam’ di kantor kan? Sebenarnya lembur bisa terasa menyenangkan juga, asalkan Anda mengetahui caranya.

Untuk mengusir rasa jenuh, ada baiknya Anda bekerja sambil mendengarkan musik. Karena, musik memang tidak bisa dipisahkan dari hidup kita, termasuk ketika kerja lembur. Karena musik juga bisa meningkatkan mood kerja Anda. Sebaiknya, dengarkan musik dengan beat ceria agar tambah bersemangat. Hindari lagu mendayu-dayu (melo) kalau Anda tidak mau tertidur atau merasa makin merana.

Lembur boleh-boleh saja, tapi jangan lupakan urusan perut. Bagaimana bisa fokus menyelesaikan tugas kalau perut Anda terus meronta kelaparan? Sediakan sediri waktu di sore hari untuk tea time. Pilihlah makanan yang lumayan mengenyangkan tapi jangan terlalu berat, karena kekenyangan bisa membuat Anda mengantuk.

Kerja terus menerus tanpa jeda cuma akan menyiksa Anda. Usahakan, memberikan ‘hadiah’ pada diri Anda sendiri setiap jam dengan menghirup udara segar di luar kantor. Sekedar ngobrol ringan dengan rekan kerja, satpam kantor atau berkirim sms dengan pacar. Namun, jangan terlalu lama rehat agar selesai tepat waktu. Salah satu cara efektif untuk membuat lembur terasa ringan adalah memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Dapat uang lembur dan tidak perlu menghabiskan akhir pekan di kantor, misalnya. Dijamin, suasana hati yang tadinya gloomy jadi ceria lagi. Tetap semangat!

Suntuk setelah berjam-jam kerja di kantor? Ajaklah rekan kerja yang lain -yang juga lembur- untuk bersenang-senang sejenak. Daripada Bete dan menekuk muka, lebih baik foto beramai-ramai dengan pose sok serius bekerja atau gila-gilaan sekalian. Ketawa atau nyanyi bareng keras-keras atau karaoke bole-boleh saja, asalkan tidak menggangu konsentrasi rekan-rekan dari unit kerja yang lain. (net/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar