Hama Ulat Kantong, Ancam Petani Sawit

10:08, 14/05/2010

LUBUKPAKAM-Serangan hama ulat kantong yang menyerang kelapa sawit di Areal Perkebunan Tanjung Garbus, Pagar Merbau (TGPM) masih terus berlanjut khususnya di Afdeling IV,V,VI dan VII.
Asisten Kepala (Askep)  PTPN II Kebun TGPM, Tamba Tua Siahaan, mengakui bahwa areal tanaman sawit perkebunan yang dikelolahnya terserang ulat kantong yang menyerang pada daun tanaman.

Untuk, membasmi ulat yang dapat membuat mati sawit ini, pihaknya  telah menyuntik insektisida ke batang kelapa sawit. Selanjutnya, dilakukan pemantauan perkembangan serangan ulat kantong serta tingkat keberhasilanya ‘’Upaya tersebut tidak serta merta dapat mematikan hama karena hama akan mati bila makan daun atau batang sawit,” jelasnya.

Ketika disinggung apa penyebab serangan hama ulat kantong tersebut?. Siahaan mengatakan, kondisi lahan perkebunan yang banyak ditumbuhi gulma menjadi tempat berkembang biaknya hama tersebut.

Ulat kantong menyebabkan tandan buah sawit mengecil. Bahkan bobot tandan juga mengalami penurunan dari biasa 15 kilogram bisa tinggal hanya 6 kg. (btr)


YM

 
PLN Bottom Bar