20 Pemimpinan RPG Letakkan Batu Pertama

11:35, 18/01/2011
20 Pemimpinan RPG Letakkan Batu Pertama
BATU PERTAMA: Chaiman Riau Pos Group Rida K Liamsi (dua dari kanan di rangkaian acara peletakan batu pertama.// Teguh Said Mufti/Riau Pos/RPG

Grha Pena Riau Pos, Spirit dan Ikon Baru

Harian Pagi Riau Pos akan memiliki gedung baru. Senin (17/1), sempena Ulang Tahun ke-20 Riau Pos, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung 17 lantai dengan nama Grha Pena
Riau Pos.

Lokasi gedung baru ini persis di bagian belakang Kantor Harian pagi Riau Pos di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru. 20 pimpinan dari Riau Pos Grup (RPG) dan Jawa Pos meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan.
Chaiman Riau Pos Group Rida K Liamsi mengatakan pembangunan gedung ini menjadi tonggak semangat baru bagi jajaran Riau Pos untuk meningkatkan prestasi sekaligus menjadi ikon baru di Riau.

Saat memberikan sambutan kemarin, dengan gaya khasnya yang penuh semangat Rida K Liamsi mengungkapkan kembali harapan dan cita-citanya membangun gedung Grha Pena ini. Meskipun cuaca dalam keadaan mendung namun rasa semangat untuk melakukan peletakan batu pertama ini tidak memudar. Menurut Rida, pembangunan gedung ini merupakan mimpi 20 tahun yang lalu.

Saat itu Riau Pos berkeinginan memiliki perkantoran yang representatif dan tidak lagi mengontrak seperti dimasa awal-awal pendiriannya dulu. Saat itu, Rida bercerita, Riau Pos sempat tiga kali mengontrak gedung. Pertama di Jalan Imam Bonjol kemudian pindah ke jalan Cempaka kemudian ke jalan Kuantan Raya. Melihat kondisi itu, muncul keinginan dan niat untuk mewujudkan Riau Pos mempynyia kantor sendiri. Maka dicarilah tanah, akhirnya pilihan jatuh ke Jalan HR Soebrantas.

“13 tahun silam, lahan yang luasnya mencapai satu hektare ini penuh semak belukar dan minim pembangunan gedung dan harganya waktu itu Rp13 ribu per meter. Kini, setelah Riau Pos membangun kantor dua lantai yang ada sekarang ini, kondisi daerah Panam pun berubah seratus delapan puluh derajat. Pertumbuhan pembangunan menjadi pesat bahkan daerah Panam ini menjadi kawasan pertumbuhan perekonomian baru dengan jalan dua jalur,” kata Rida.

Mengingat masa-masa itu, kenang Rida, Riau Pos berazam untuk menjadi leader dalam bidang media di Riau ini. Berbagai upaya dan usaha terus dilakukan, hingga sekarang ini, Riau Pos telah menjadi induk bagi anak-anak media dilahirkannya yang berada di Pekanbaru, Dumai, Kepri, Sumbar, Sumut dan Aceh. Pencapaian yang dihasilkan ini merupakan jerih payah seluruh karyawan untuk menjadikan Riau Pos sebagai pilar masa depan.

“Hari ini, tonggak semangat baru ditanamkan, bersamaan dengan HUT Riau Pos ke-20, gedung Graha Pena yang dimimpikan itu menjadi akan terwujud. Di gedung nantinya, tidak hanya menjadi pusat perkantoran, tapi melainkan menjadi pusat bisnis,” harap dia.

Sebelumnya, kata Rida, Gedung Graha Pena ini sudah berkibar di Batam. Kemudian timbul pertanyaan dari berbagai kalangan bahkan karyawan Riau Pos sendiri, kenapa sang induk, yaitu Riau Pos belum memiliki gedung itu, kenapa Batam terlebih dahulu.

‘’Itu pertanyaan yang selalu dilontarkan karyawan Riau Pos kepada saya,’’ ujarnya.

Di balik mewujudkan realisasi pembangunan gedung ini, lanjutnya, ada suatu sikap merasa bersalah sama karyawan. Karena kalau dari dulu disampaikan namun jika tidak terwujud apa jadinya nanti. ‘’Momentum semangat 20 tahun Riau Pos ini juga menjadi spirit untuk meningkatkan kinerja dan prestasi yang dihasilkan. Bahkan nantinya Graha Pena ini akan menjadi ikon baru bagi Riau, setelah menara Bank Riau. Di Graha Pena ini menjadi motivasi bagi geliat pertumbuhan ekonomi di kawasan ini, apalagi sebentar lagi momen penyelenggaraan PON XVIII 2012 berlangsung di Riau,” kata Rida yang disambut tepuk tangan hadirin yang merupakan karyawan Riau Pos Grup ini.

Peletakan batu pertama ini, menurut dia, sengaja tidak mengundang pejabat, melainkan dari internal grup. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan melainkan untuk menyikapi sesuatu yang baru diawali dari kalangan internal, baru nanti setelah selesai diundang para pejabat.

‘’Rasanya ini sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Gedung perkantoran yang representatif ini dapat dibangun juga, dengan segenap upaya dan tenaga seluruh karyawan,’’ kata dia.

Direktur Jawa Pos Zainal Mutaqin merasa kagum terhadap pembangunan gedung Graha Pena yang dilakukan anak perusahaan Jawa Pos News Network. Menurut dia, semangat ini sangat luar biasa sekali yang dilakukan, karena akan menjadi kebanggan besar bagi Riau Pos dalam keberhasilan pembangunan ini.

“Jika melihat semangat besar dari Pak Chairman, kami yang muda ikut terbawa. Dan ini merupakan motivasi bagi anak perusahaan di bawah bendera Jawa Pos,” kata dia.

Pencapaian yang dilakukan oleh Riau Pos merupakan langkah maju, sekaligus menjadi cambuk dan contoh bagi anak perusahaan untuk mewujudkannya. Tidak ada kata menyerah untuk terus senantiasa maju dalam mewujudkan impian, asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.

‘’Ini sebuah kebanggan untuk Riau Pos dan Jawa Pos khususnya. Dengan berdirinya bangunan megah sebagai kantor Riau Pos Grup umumnya kini pusat media bisa lebih baik. Ditambah lagi juga kita bangga memiliki kantor yang megah dan juga bisa memberikan motivasi serta spririt baru untuk karyawan agar terus berkarya memberikan informasi,’’ ujar Direktur Jawa Pos, Zainal Muttaqin yang didulat sebagai orang pertama yang meletakkan batu pertama pembangunan Graha Pena Riau Pos.

Menurut Zainal, semua keberhasilan ini tidak lepas dari sosok Owner Riau Pos Grup, Rida K Liamsi yang penuh dedikasi serta semangat membesarkan media harian pertama di Riau. Setelah mendapatkan kepercayaan yang baik dari pembaca dan juga pemerintahan, Riau pos terus maju sehingga usianya mencapai 20 tahun ini.  Padahal sebelumnya, Riau Pos sempat diragukan akan bertahan lama karena belum satupun media harian yang bisa bertahan di tanah lancang kunging ini.

Hal tersebut diceritakan oleh Wakil Komisaris Riau Pos, Alwi Hamu yang menjadi salah satu tonggak sejarah pengembangan Harian terbesar di Riau, Riau Pos ini. Menurutnya selalu ada cita-cita yang besar dibalik kerja keras yang sangat keras. Dan itu terlihat dengan peletakan batu pertama Gedung Megah yang tidak terpikirkan ada di HR Soebrantas ini.

‘’Riau Pos ini hamper sama dengan Jawa Pos pada mulanya. Banyak tentangan pindah dari pusat kota ke daerah pinggiran. Begitu juga Riau pos yang pindah dari pusat kota pekanbaru ke panam yang dulunya hutan dan sepi. Tapi kita lihat sendiri, saat ini HR Soebrantas begitu ramai dan perkembangan begitu pesat. Menjadi perintis itu adalah langkah awal yang baik. Saya yakin dengan semangat yang besar pembangunan ini bisa tuntas. Saya berharap lebih cepat lebih bagus, dan tanggal 20 November mendatang bisa tuntas jadi sesuai dengan tanggal 20-11-2011,’’ujarnya optimis.

Sementara itu CEO Riau Pos Media Grup H Makmur SE Ak MM menambahkan, di Gedung Graha Pena ini bersamaan dengan aktivitas bisnis. Artinya perkantoran untuk media ini hanya beberapa lantai saja, sementara sisanya dijadikan aktivitas bisnis bagi pelaku usaha.

“Di gedung ini juga menjadi segara menjadi sentra kawasan ekonomi di kawasan ini, sekaligus spirit bagi Riau Pos untuk tetap menjadi yang terdepan,” harap dia.

Sementara itu, Amril Noor yang sempat merasakan bagaimana Riau Pos membangun kepercayaan pembaca dan tonggak keberhasilan Riau Pos hingga saat ini mengatakan dengan pembangunan gedung baru ini bisa memotivasi karyawan. Jika selama ini program Riau Pos selalu terintegrasi dengan masyarakat, dan kedepan bisa terus ditingkatkan dengan pemberitaan yang informatif kepada pembaca. Selain itu dengan pembangunan ini jelas menunjukkan bahwa Riau pos adalah harian yang terdepan. Namun kedepan bukan hanya menjadi kebanggan Riau Pos, pasalnya Gedung tersebut direncanakan akan menjadi pusat perkantoran. Dan jika pebisis berkantor satu atap dengan media terbesar ini bisa menjadi nilai plus untuk bisnis mereka.

‘’Saya kira pengalaman mulai dari mingguan hingga harian kali ini sudah cukup membesarkan Riau Pos. Kita melihat Riau Pos tidak pernah stap back dan selalu kedepan. Kedekatan dengan masyrakat  melalui informasi yang disampaikan sudah diakui. Sesuai dengan moto awal yaitu bangun negeri cerdaskan bangas. Dan pembangunan gedung ini merupakan mimpi yang possible bisa tuntas tahun ini. Jadi saat PON kita memiliki kebanggan dengan kantor yang megah pula,’’terangnya.

Hal seada juga diungkapkan oleh Komisaris Riau Pos Grup, Aspraini Rasyad dimana dia berharap pembangunan gedung baru ini bisa menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kinerja karyawan sehingga Riau Pos semakin tumbuh dan berkembang. Selama ini regenerasi selalu terus jalan dan dalam hal pemberitaan Riau Pos selalu terdepa sehingga sangup bersaing dengan media lainnya. Saat ini diakuinya untuk persaingan memang sangat ketat dan Riau Pos mampu melewati itu dengan baik pula. Pasalnya Riau Pos selalu mampu menyesuaikan dengan waktu dan keingin pembaca. Akhirnya Riau Pos menjadi media yang disenagi oleh masyarakat dan pemerintah karena kepercayaan dan selalu akurat.

‘’Itu adalah salah satu kunci untuk berhasil selain dari kerja keras. Dengan gedung baru yang megah ini saya merasa bangga karena pada awalnya Riau Pos hanya berkantor kecil dan menjadi perintis di tempat yang sepi di sudut pekanbaru ini. Tapi lihat sendiri bisa berkembanga dan atas keberanian tersebut Riau Pos selalu dipercaya, semoga kedepan dengan gedung baru bisa menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik,’’ harapnya.

Acara peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Direktur Utama Jawa Pos Zainal Muttaqin, Chairman Riau Pos Rida K Liamsi dan sang istri Asmini Syukur, CEO RPMG H Makmur SE Ak, Wakil Komisaris Utama Riau Pos Alwi Hamu, Komisaris Riau Pos Asparaini Rasyad, Amril Noer dan CEO Riau Pos Media Grup H Makmur SE Ak MM. Kemudian dilanjutkan Kepala Riau Pos Group Divre Kepri dan Sumut dihadiri Marganas Nainggolan, Pemimpin Umum Batam Pos Hasan Aspahani, Kepala RPG Divre Sumbar Sutan Zaili Asril dan Pemimpin Umum Padang Ekspres Marah Suryanto dan Zulkifli serta CEO Toko Buku 171 dan Properti Armawi KH.

Dari Riau Pos adalah Kepala Divisi Regional RPG Pekanbaru Sutrianto, Pemimpin Umum Riau Pos Zulmansyah Sakedang, Pemimpin Umum Pekanbaru MX Yurmalis Khatib, Pemimpin Umum Pekanbaru Pos Kazzaini Ks, Pemimpin Umum Dumai Pos Erianto Hadi, Pemimpin Redaksi Riau Pos Raja Isyam Azwar, Pemimpin Redaksi Pekanbaru MX Abdul Kadir Bey, Pemimpin Redaksi Pekanbaru Pos Saidul Tombang, GM Riau Televisi Sumedi Susanto, Wakil Direktur Riau Pos Ari Purnama.(aal/eko/fia)


YM

 
PLN Bottom Bar