Empat Waria Direkrut Jadi Pramugari

10:33, 12/02/2011

BANGKOK- Empat orang transeksual (wanita pria) asal Thailand direkrut maskapai penerbangan P C Air untuk menjadi ‘pramugari’.  Perekrutan cara baru bagi waria ini merupakan wujud untuk mendukung kebebasan jenis kelamin ketiga di dunia.

Para waria yang direkrut maskapai baru untuk melayani penerbangan carter tersebut menyatakan, rekrutmen terhadap laki-laki setengah perempuan merupakan pertama kalinya di dunia dirgantara internasional. Pekan ini, P C Air mulai melakukan pelatihan terhadap 30 awak pesawat baru termasuk empat orang dari kelompok “jenis kelamin ketiga” itu.

P C Air sendiri mulai beroperasi April tahun ini. Mereka bakal melayani penerbangan ke sejumlah negara Asia. “Saya sudah melamar ke sejumlah maskapai dan semuanya ditolak. Mereka (perusahaan penerbangan) beralasan, karena saya transeksual, bukan perempuan asli,” terang Phuntakarn Sringern (24) asal Bangkok. “Ini kali pertama sebuah perusahaan menerima saya sebagai diri saya seutuhnya (transeksual) dan memberikan seragam cantik yang saya idam-idamkan,” tambahnya.

Presiden P.C Air, Peter Chan, 27, telah berpengalaman menjadi pramugara selama 10 tahun menyatakan, tidak ada alasan untuk menolak transeksual bekerja sebagai pramugari. “Saya rasa, kini saatnya masyarakat Thailand lebih terbuka dan mendukung kebebasan semua orang dengan latar belakang jenis kelaminnya untuk berkarir,” tandasnya seperti dilansir Associated Press, Jumat (11/2). (cak/ami/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar