Taliban Tembak Heli, 4 Tentara NATO Tewas

11:05, 10/06/2010

KABUL- Helikopter yang ditumpangi Pasukan Bantuan Keamanan Asing (ISAF) untuk Afganistan ditembak jatuh militan, Rabu (9/6). Sedikitnya empat anggota ISAF tewas
Dawood Ahmadi, juru bicara Gubernur Helmand menyatakan, helikopter itu terbang di ketinggian rendah, memberikan dukungan udara kepada pasukan darat, saat terkena granat roket. ISAF, pimpinan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), hanya menyatakan peristiwa itu terjadi di Provinsi Helmand, di bagian selatan negara yang terkoyak perang tersebut.

Atas kejadian ini, dalam pekan sudah 17 prajurit asing tewas saat Taliban meningkatkan perlawanannya. Sebelumnya, satu tentara NATO tewas akibat ledakan bom rakitan di Afganistan selatan pada Rabu, kata tentara. Prajurit itu, yang kebangsaannya tak diumumkan, merupakan bagian dari ISAF dari sekitar 130.000 tentara, yang meningkat menjadi 150.000 pada Agustus. Lebih dari 1.800 tentara asing tewas di Afganistan sejak 2001.

Menurut kantor berita Perancis AFP, berdasarkan laman mandiri icasualties.org, 253 tentara asing tewas di Afganistan pada tahun ini. Tahun lalu tercatat sebanyak 520 tentara tewas. (net/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar