Kepada pembaca, relasi dan pemasang iklan, Sumut Pos tidak terbit pada edisi 1-2 Januari 2011, sehubungan libur Tahun Baru 2011.
Kami akan hadir kembali pada Senin, 3 Januari 2011. Terimakasih Penerbit

Kikis Italjuve

09:48, 20/05/2010

Timnas Italia beberapa waktu terakhir identik dengan klub Juventus. Hingga, mengemuka istilah Italjuve. ItalJuve merupakan akronim dari Italia dan Juventus karena timnas Italia yang dimainkan oleh  Marcello Lippi saat menghadapi Bulgaria, Kamis (10/9) dinihari WIB, memang menampilkan tujuh pemain Juventus dalam starting eleven. Namun, kabar terbaru, dua punggawa Juve malah didepak, adakah ini sinyal Pelatih Marcello Lippi mulai mengkikis Italjuve?

Ya, ceritanya Italia mulai menciutkan jumlah skuad mereka. Di antara 30 pemain yang diumumkan Selasa lalu (11/5), dua nama tersisih kemarin (18/2). Yakni, bek kiri Fabio Grosso dan gelandang serang Antonio Candreava. Keduanya berasal dari Juventus.

Tersisihnya Grosso terbilang mengejutkan. Sebab, pemain spesialis bek kiri itu merupakan pahlawan Italia kala memenangi Piala Dunia 2006. Grosso merupakan algojo kelima alias penentu dalam adu penalti saat Italia mengalahkan Prancis 5-3 di partai final. Grosso yang kini berusia 32 tahun memiliki 46 caps dan empat gol.

Tidak ada keterangan dari Marcello Lippi seputar tersisihnya Grosso. Yang pasti, tidak adanya Grosso membuka peluang bagi bek kiri Genoa Domenico Criscito untuk menjadi pilihan utama di Afsel nanti. “Bisa masuk skuad ke Piala Dunia 2010 saja sudah kebanggaan besar bagi saya, apalagi bermain sebagai starter,” kata Criscito yang masih 23 tahun dan baru memiliki lima caps itu.
Dengan terbuangnya Grosso dan Candreava, anggota Italjuve sejatinya masih mendominasi. Tercatat masih ada Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, Giorgio Chiellini, Mauro Camoranesi, Claudio Marchisio, dan Vincenzo Iaquinta.

Menariknya, di saat banyak media  menyebut tim nasional Italia dengan istilah ItalJuve, Buffon justru menolak penyebutan itu. “Tidak, Italia milik semua orang,” ucap Buffon di Rai TV.

Ya, apa yang diungkapkan oleh Buffon ini pun tampaknya diamini oleh dua punggawa si Nyonya Tua yang tidak dipanggil ke Afrika Selatan. Yakni pasangan striker Juve, Amauri dan Alessandro Del Piero. Keduanya malah tidak masuk tim bayangan yang dibetuk Lippi. “Piala Dunia memang tidak lagi dalam benak saya belakangan ini karena banyak pemain muda yang punya potensi. Saya menjagokan mantan pasangan saya, Fabrizio Miccoli (kini membela Palermo, Red) berangkat ke Afsel,” kata Del Piero dalam acara Chiambretti Night di Italia 1. (bbs/dns/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar