Martabak Bolu ala Koki

10:17, 14/11/2010
Martabak Bolu ala Koki
ENAK:Koki menunjukkan kue bolu yang sudah siap dimasak.

Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini, makanan yang sangat banyak dijual di berbagai sudut Kota Medan. Martabak. Ya, makanan yang terbuat dari tepung terigu ini akan sangat nikmat disantap saat santai.

Tak hanya lembut, tapi juga sangat lezat pastinya. Karena kali ini, cara membuat Martabak ini kita langsung dipandu oleh Chef Meychel dari Tabloid Dwi Mingguan KOKI.

Chef Meychel memandu para ibu-ibu Indonesia yang datang pada roadshow bertajuk ‘KOKI Home Industry Class’ di Restoran Bumbu Desa Medan pada Sabtu (13/11) pukul 09.00 WIB.

Chef Meychel mengatakan, untuk menghasilkan ‘Martabak Bolu’ yang nikmat, empuk juga pas gurihnya, bukan hanya dari campuran adonan yang tepat. Tapi juga dari tempat memanggang atau cetakan Martabak tersebut. “Karena banyak ibu-ibu yang mencoba memasak Martabak dengan menggunakan wajan dari teflon. Alhasil, Matabak tidak masak dengan sempurna alias bantat atau tidak mengembang,” ujarnya pada demonstrasi memasak Martabak Bolu.
Nah, lanjutnya, untuk memasak Martabak memang harus menggunakan cetakan khusus yang terbuat dari besi cor-an. “Karena, cetakan khusus ini memiliki ketebalan dan bahan yang memang sesuai untuk memasak Martabak. Dengan cetakan ini pula adonan akan mengembang dengan sempurna. Cetakan ini banyak dijual di pasar tradisional,” kata Chef Meychel.

Menurut Chef Meychel, dalam memasak Martabak dicetakan khusus ini tak perlu mengoleskan mentega di atasnya. “Jika dioleskan, maka pori-pori yang akan muncul di Martabak juga tidak sempurna. Jadi, Martabak akan terlihat jadi tidak bagus,”jelasnya.

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat ‘Martabak Bolu’ ini adalah tepung terigu 1 kg, telur ayam 6 butir, baking powder 2 sendok teh, ragi instan 2 sendok makan, vanili ½ sendok teh, gula pasir 8 sendok makan (125 gr), garam 1sendok teh, susu cair 1200 ml dan mentega yang telah dilelehkan 200 gr.
Sedangkan bahan untuk isinya adalah cokelat meses secukupnya, cokelat masak pekat secukupnya diserut, keju secukupnya diparut dan susu kental manis secukupnya.

Untuk cara membuatnya, ayak terigu, baking powder, ragi instant dan vanili hingga rata. Sisihkan. Kocok telur, gula, vanili dan garam hingga mengembang. Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan susu sambil diaduk hingga rata. Tuang mentega sambil diaduk hingga rata. Diamkan adonan selama 30 menit. Panaskan cetakan, tuang adonan hingga setengah tinggi cetakan.

Panggang hingga berpori dan matang. Angkat. Tambahkan bahan isian sesuai selera. Lipat bentuk setengah lingkaran. Potong sesuai selera dan sajikan.

Selain ‘Martabak Bolu,’ Chef Meychel juga mendemonstrasikan cara memasak Kue Lapis Surabaya Keju dan Fried Chicken Ala Kobe. (saz)


YM

 
PLN Bottom Bar