Mie, Enak dan Praktis

10:00, 17/10/2010
Mie, Enak dan Praktis

Kalau berbicara tentang jenis makanan yang satu ini, mungkin semua orang tahu. Sedikit banyaknya, tiap daerah pasti memiliki masakan khas yang menggunakan bahan baku jenis ini. Ya, apa lagi kalau bukan mie.

Manager Restoran Kenanga Indonesia Jalan Jamin Ginting Medan, Ester mengatakan, di setiap penjuru Indonesia memiliki makanan khas yang menggunakan mie. “Seperti mie gomak asal Batak, mie rebus asal Jawa. Itu merupakan masakan khas yang memang sejak dulu ada,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (8/10). Selain itu mie juga enak dan praktis.

Ester lebih lanjut mengatakan, Indonesia bukan negara yang dijajah oleh negara yang memiliki makanan khas atau makanan istimewanya mie. “Jadi, mie bukan hadir di Indonesia karena penyesuaian yang di bawa penjajah. Tapi, mie hadir di Indonesia karena adanya ekspansi masyarakat Cina, yang kemudian menyebarluaskan masakan khas mereka. Tak ayal, makanan yang berbahan baku sesuai lidah orang Indonesia ini begitu diminati dan menyebar ke seluruh penjuru Indonesia,” terangnya.

Jadi, sambung Ester, sebenarnya sudah sejak lama pula di seluruh penjuru Indonesia memiliki masakan khas berbahan mie. “Hanya saja, tiap daerah lain cara memasaknya. Tak hanya di Indonesia, di Eropa juga, seperti di Italia yang memiliki masakan khas dari mie yakni Spageti. Sama-sama mie, tapi lain cara mengolahnya,” ujarnya.
Menurut Ester, di Restoran Kenanga Indonesia sendiri banyak pelanggan yang memesan mie untuk santapannya. “Menu-menu yang berbahan mie juga memang tersedia di sini. Tiga hingga empat dari sepuluh pelanggan yang datang biasanya memesan mie. Tapi pastinya, orang Indonesia yang makanan pokoknya nasi lebih banyak memsan makan yang lebih berat. Ya, seperti nasi dengan lauk-pauk atau nasi goreng dan sejenisnya,” ungkapnya.

Pemilik Ayam Penyet Medan, Fadhillah, mengatakan, saat ini warga Medan menjadikan jenis masakan berbahan mie ini sebagai makanan favorit. “Namun, makanan ini menjadi pilihan kedua setelah jenis makanan nasi. Lain halnya untuk masyarakat golongan Cina, mereka selalu menomorsatukan makanan yang satu ini,” katanya.

Lebih lanjut Fadhillah mengatakan, seperti Kwetiau, sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. “Mie ini dapat digoreng ataupun dimasak berkuah. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, terutama di tempat-tempat yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa,” ujarnya. (saz)


YM

 
PLN Bottom Bar