Kepada pembaca, relasi dan pemasang iklan, Sumut Pos tidak terbit pada edisi 1-2 Januari 2011, sehubungan libur Tahun Baru 2011.
Kami akan hadir kembali pada Senin, 3 Januari 2011. Terimakasih Penerbit

Bayar Pajak Kendaraan Cuma 5 Menit

10:23, 30/12/2010

MEDAN-Samsat Delivery Order dan Payment Point Samsat Drive Thru Dinas Pendapatan Sumut dioperasikan di Kota Medan. Setiap pemilik kendaraan hanya butuh lima menit dan tidak mesti turun kendaraan untuk bayar pajak.
Pendirian ini diresmikan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) diwakili, sekretarisnya, Tasdik Kinanto. Samsat ini sendiri berdiri atas kerjasama Dinas Pendapatan Sumut dengan PT Bank Sumut dan Direktorat Lalulintas Poldasu. Kini, sudah ada sebanyak 22 gerai kantor yang didiri-kan oleh PT Bank Sumut.

Direktur Utama PT Bank Sumut, Gus Irawan mengatakan, wajib pajak kendaraan roda dua dan mobil hanya butuh 5 menit bayar pajak, tanpa harus mengantri panjang. Pembayaran itu bisa dilakukan di Jalan Imam Bonjol Medan tepatnya di halaman Gedung PT Bank Sumut.

“Jadi mengurus pajak kendaraan hanya butuh 5 menit saja, dan untuk Delivery Order cukup wajib pajak menunggu di rumah saja,” katanya saat peresmian Samsat Delivery order dan Payment Point Samsat Drive Thru, Rabu (29/12) di Halaman Gedung Bank Sumut.Pada 2010, penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumut sebesar Rp2,2 triliun, diantaranya Rp1,6 triliun berdasarkan  sektor PKB dan BBNKB. “Adanya kemudahan ini memungkinkan pertambahan dari sektor PKB sebesar 5 persen,” sebut Kepala Dinas Pendapatan Sumut, Sjarifuddin.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Gatot Pudjo Nugroho membeberkan, Propinsi disarankan memiliki auditor untuk menunjukkan tanggungjawab pelaksanaan anggaran lhususnya pendapatannya. ”Perlu diberlakukannya sistem pelayanan yang lebih mudah kepada wajib pajak dengan pendekatan IT,” katanya dihadapan Kapoldasu, Irjen Pol Oegroseno dan Dirlantas Poldasu Kombes Pol Bambang Sukamto, dan sejumlah anggota DPRD Sumut.

Tasdik Kinanto mengatakan, sebagai aparatur harus memberikan kepuasan kepada masyarakat, sebab aparatur tugasnya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakatnya. “Apapun halnya, aparat harus memberikan layanan yang terbaik ke masyarakat,”tambahnya. Dikesempatan ini, ada dua sertifikat ISO 9001-2008 yang diserahkan kepada Samsat Lubuk Pakam dan Samsat Stabat. (ril)


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar