Kans Besar Rebut Oscar

11:18, 18/01/2011

Film Facebook Terbaik di Golden Globe

BEVERLY HILLS-Film tentang asal muasal Facebook meraih sukses besar di Golden Globe Awards, Minggu lalu (16/1, kemarin pagi WIB) di Beverly Hills, California. Di ajang yang disebut-sebut sebagai paling bergengsi kedua setelah Oscar itu, film The Social Network merebut 4 penghargaan termasuk untuk film drama terbaik.

Dengan sukses tersebut, The Social Network pun menapak jalur ekspres menuju penghargaan paling bergengsi, Academy Awards alias Oscar. Sebab, dalam sejarahnya, sering sekali pemenang Golden Globe berlanjut meraih merebut trofi Oscar.

Selain merebut penghargaan film drama terbaik, The Social Network juga meraih gelar sutradara terbaik untuk David Fincher, skenario terbaik untuk Aaron Sorkin, dan score (musik) terbaik karya Trent Reznor dan Atticus Ross.
Apakah sukses ini akan benar-benar berlanjut ke Oscar? Kita tidak perlu menunggu terlalu lama. Sebab, nominasi peraih Oscar sudah akan diumumkan pada 25 Januari nanti, disusul dengan penobatan pemenang pada 27 Februari.
Usai menerima penghargaan, Fincher mengaku takjub filmnya mendapat sambutan begitu baik. Sebab, dia dari awal sudah kaget ketika ditawari membuat film yang mengisahkan masa muda Mark Zuckerberg (diperankan Jesse Eisenberg), penemu situs Facebook, tersebut. Sebelumnya, Fincher lebih dikenal untuk film-film pembunuhan berseri seperti Seven dan Zodiac.

“Secara pribadi, saya sebenarnya tak terlalu mau mengakui betapa indahnya respons yang didapatkan oleh film ini. Karena saya khawatir bakal kecanduan pujian. Tapi, terus terang, rasanya memang menyenangkan,” katanya.

Walaupun The Social Network meraih penghargaan terbanyak, malam Golden Globe itu seperti menjadi malam berbagi hadiah. Sebab, ada banyak film hebat yang meraup penghargaan. Kategori aktor drama terbaik diraih Colin Firth, untuk film The King’s Speech. Aktris drama terbaik direbut Natalie Portman, lewat film psychosexual thriller seputar balet, Black Swan.(ap/tia/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar