Hujan Buatan

10:03, 30/12/2009

Pernah kah mendengar hujan buatan? Sejarah hujan buatan di dunia dimulai  pada tahun 1946 oleh penemunya Vincent Schaefer dan Irving Langmuir, dilanjutkan setahun kemudian 1947 oleh Bernard Vonnegut.

Yang sebenarnya dilakukan oleh manusia adalah menciptakan peluang hujan dan ‘mempercepat’ terjadinya hujan. Nama yang digunakan sebagai upaya ‘membuat hujan’ adalah menjadi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) .

Di Sekolah kamu tentu tahu tentang proses terjadinya hujan kan? Yaitu dikenal dengan siklus hidrologi, ada penguapan air, pembentukan awan, dan turun menjadi hujan.

Nah yang dilakukan oleh manusia pada TMC, adalah ‘mempengaruhi’ proses yang terjadi di awan sebagai ‘dapur’ pembuat hujan. Sehingga mempercepat peluang terjadinya hujan.

Bahan untuk ‘mempengaruhi’ proses yang terjadi di awan terdiri dari dua jenis yaitu bahan untuk ‘membentuk’ es, dikenal dengan glasiogenik, berupa Perak Iodida (Ag I) dan bahan untuk ‘menggabungkan’ butir-butir air di awan, dikenal dengan higroskopis, berupa garam dapur atau Natrium Chlorida (NaCl), atau Ca Cl2 dan Urea. (net/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar