Bocah Pasangan Penderita AIDS Menjalani Pemeriksaan lagi

10:05, 20/01/2011

Sifana Kharidatul Husna bayi pasangan pengidap AIDS, Almarhum Munirah (27) dan M Fauzi (30) segera menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk diagnosis Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Kesuma Ramadhan, Medan

Pemeriksaan akan dilakukan di VCT RSUP H Adam Malik Medan akan berlangsung beberapa pekan mendatang. Adapun pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan apakah sang bayi terjangkit atau tidak.

“Mengingat ada program bantuan pemeriksaan PCR yang dilakukan Rumah Sakit Adam Malik Medan, maka ini adalah sebuah kesempatan untuk membawa Sifana menjalani pemeriksaan. Walaupun tidak sepenuhnya gratis tapi bentuk bantuan ini nantinya akan meringankan beban biaya pemeriksaan yang akan dijalani bayi itu,” kata Koordinator VCT RSUP H Adam Malik Medan, Rakhmad saat dikonfirmasi, Rabu (19/1).

Rakhmad juga mengatakan, sebelumnya bayi tersebut juga telah menjalani pemeriksaan CD4 di VCT RSUP H Adam Malik, Jumat (14/1) lalu. “Dari hasil pemeriksaan CD4-nya (Sifana, Red) hasilnya cukup bagus yaitu 2021. Sehingga kekebalan tubuh (anti body) sang bayi melalui almarhumah ibunya cukup bagus untuk mencegah mudahnya penularan kuman penyakit masuk ke dalam tubuhnya,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Direktur Program SPKs, Dewi yang juga pendamping bayi mengatakan kondisi bayi sehat dengan berat badan 2,4 kilogram. Hanya saja, kata Dewi, Sifana sempat mengalami muntah dan demam dua hari  pasca menjalani perawatan di RSUD dr Pirngadi Medan, beberapa waktu lalu atau tepatnya Jumat (14/1) lalu.

“Kemarin (Jum’at ) dia mengalami muntah dan demam, diduga efek dari konsumsi profilaxis. Bahkan Sifana juga harus mendapatkan perawatan untuk kedua kalinya di RSUD dr Pirngadi Medan,” ungkapnya.

Kini setelah pihak rumah sakit menyatakan kondisi Sifana sudah stabil, lanjut Dewi, Sifana kembali dibawa pulang oleh keluarganya, Rabu (19/1). (*)


YM

 
PLN Bottom Bar