Digusur, Datang Lagi

10:36, 22/01/2011
Digusur, Datang Lagi
MASIH BERJUALAN: Sejumlah PKL masih tetap berjualan di Jalan Yos Sudarso tepatnya depan Rumah Sakit Martha Friska Medan, kemarin (21/1).//Nopan/Sumut Pos

Pemko Medan Kesulitan Atasi PKL Yos Sudarso

Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang Jalan Yos Sudarso tepatnya di depan Rumah Sakit Martha Friska masih menyisakan masalah. Meskipun sudah ditertibkan oleh Satpol PP beberapa waktu lalu, PKL masih tetap berjualan seperti biasa.

Pantauan wartawan koran ini masih banyak PKL berjualan di tempat itu. Meski harus kucing-kucingan dengan Satpol PP yang selalu melakukan penggusuran di tempat tersebut.

Rina (30), salah seorang mengatakan, dia dan temannya sudah sering digusur Satpol PP dan pihak kecamatan, tetapi setalah penggusuran tersebut berakhir, keesokkan harinya atau lusanya PKL kembali membuka lagi barang dagangannya.

“Memang benar sering dilakukan penggusuran tetapi mau kayak mana lagi, kami kan butuh makan juga, makanya kami tetap bandel untuk berjualan,”ujarnya.

Lebih lanjut, Rina menambahkan apabila dilakukan penggusuran, Pemko Medan harus mempunyai solusi untuk PKL. “Jadi tidak main gusur saja, jadi kami mau jualan dimana lagi, kan tidak ada tempat bagi kami berjualan,”tambahnya.
Camat Medan Deli, Yusdarlina membenarkan penggusuran PKL itu, tetapi PKL tetap bandel. “Kami sudah sering melakukan penggusuran, tetapi para pedagang tetap bandel,”ujarnya.

Lebih lanjut, Yusdarlina menambahkan pihaknya akan terus memberikan surat peringatan agar tidak berjualan di sepanjang Jalan Yos Sudarso. “Kalau surat itu tidak diindahkan maka kami akan melakukan penggusuran,” ungkapnya.
Yusdarlina menjelaskan sebenarnya solusi untuk PKL adalah mencarikan tempat relokasi kepada PKL tersebut, tetapi hal tersebut membutuhkan proses  karena harus mencari lahan kosong dan layak untuk PKL tersebut.(mag-11)


YM

 
PLN Bottom Bar