Benahi Alat Transportasi Reguler ke Pulau Berhala

10:18, 21/01/2011

SERGAI- Pulau Berhala Bedagai merupakan satu dari 92 pulau terluar Indonesia yang terletak 21 mil dari Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan berbatasan langsung dengan Malaysia.

Keberadaannya perlu terus dipertahankan sebagai bagian dari wilayah NKRI dan perlu dibenahi secara bersama antara Pemkab Sergai, Pemprovsu dan pemerintah pusat.

Dengan luas sekitar 44,75 hektar, Pulau Berhala Bedagai dari sisi potensi pertahanan dan keamanan perlu terus dipertahankan dan dijaga keamanannya agar tidak diambil oleh negara luar.

Sementara bila dilihat dari potensi alamnya yang cukup eksotis, pulau yang diapit dua pulau kecil itu perlu dibenahi terus dan dibangun berbagai sarana dan prasarana termasuk tempat mendarat helikopter (helipad) agar dapat dijadikan kawasan tujuan wisata yang menarik.

Hal itu diungkapkan Komisi A DPRD Sumut dalam kesimpulan diskusinya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sergai dan melakukan pertemuan dengan Bupati Sergai Ir HT Erry Nuradi MSi, Aster Kodam I/BB Letkol Inf Sofian Chandra, Kadispotmar Lantamal I Belawan Letkol (L) Ferdinand di Aula Sultan Serdang kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (20/1).

Hadir juga dalam kesempatan pertemuan itu Dandim 0204/DS Letkol Arh Wawik Dwinanto SSos, Wakil Bupati Sergai Ir H Soekirman, Sekdakab Sergai Drs H Haris Fadillah MSi, Wakil Ketua DPRD Sergai Drs Abdul Rahim SP, para Asisten, Kepala SKPD yang berkaitan dengan pengelolaan Pulau Berhala Bedagai dan Camat Tanjung Beringin Fitriadi SSos.
Sementara dari Komisi A DPRD Sumut hadir Drs H Hasbullan Hadi SH MKn Ketua Komisi, Isma Fadli Ardya Pulungan SAg SH (Sekretaris Komisi A), kemudian Drs Tahan M Panggabean MM, Drs H Khairul Fuad, Hj Ida Budiningsih SH, H Alamsyah Hamdani SH, H Syamsul Hilal, Drs H Raudin Purba dan Ir Marasai Hutasoit. Hasbullah Hadi mengatakan, tujuan kunjungan untuk mendapatkan masukan tentang keberadaan Pulau Berhala Bedagai.(mag-15)


YM

 
PLN Bottom Bar