Aneka Masakan Luar Negeri

09:46, 22/07/2009

GEMAR masakan luar negeri bukan berarti harus pergi ke luar negeri. Kini, masakan itu bisa ditemukan di Medan. Kedai U-dong Jalan S Parman No 50 B Medan contohnya. Kedai yang berdiri April 2008 lalu ini menyediakan aneka jenis masakan luar negeri.

Karta, pemilik Kedai U-dong mengatakan, kata udong merupakan nama jenis mie yang disuplai dari Jepang. “U-dong bisa diartikan ‘U’ dari bahasa China yaitu Ada, dan ‘Dong’ diambil dari bahasa keseharian orang Jakarta. Karena orang Jakarta kan sering bilang ‘Dong’ begitu kan? Jadi jika diartikan secara keseluruhan U-dong berarti ada dong,” ungkapnya. Kalau ditotal, jumlah menu yang disediakan sekitar 30 menu. Menu yang disajikan terdiri dari masakan-masakan khas luar negeri, diantaranya shabu-shabu udon noodle (asal Jepang). Menu ini perpaduan antara tahu dengan seafood yang ditambah sup jepang. Satu forsinya diharga Rp18 ribu.

Kemudian ada nasi goreng ayam pattaya (asal Thailand). Menu ini disajikan dengan cara membungkus nasi goreng didalam telur dadar. Satu forsinya diharga Rp15 ribu. Lalu ada ginseng herbal udon noodle (asal Korea) yang merupakan perpaduan mie dengan ayam ditambah sup ginseng dengan harga Rp18 ribu. Lalu ada sapo nasi ayam keladi (asal Singapore) yang  disajikan dalam sapo (sebutan mangkuk yang terbuat dari tanah liat di Singapore, Red). Harganya mencapai Rp16 ribu per porsi.

Selain itu ada juga menu andalan yakni kimichi tofu yang terbuat dari tahu rebus ditambah asinan sayur (wortel, bawang bombai, lobak dan sawi putih). Harga per porsinya Rp12 ribu. “Kimichi tofu ini makanan khas Korea yang selalu dicari pengunjung,” ujar Karta. Lantas bagaimana dengan minumannya?
U-dong juga menyediakan minuman dragon ocean perpaduan buah naga, melon dan markisa. Selain itu ada juga kiwi milk shake, perpaduan buah kiwi dengan madu, susu dan es krim. (saz)


YM

 
PLN Bottom Bar