Jaga Asa

08:52, 10/10/2009

BUENOS AIRES-Sedikit saja tergelincir Argentina bakal kehilangan harapan tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Satu-satunya cara agar harapan itu terjaga adalah selalu menang di dua laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Conmebol.

Ya, dengan posisi Tango (julukan Argentina) saat ini, peluang paling realistis adalah merebut tiket Piala Dunia 2010 melalui playoff melawan peringkat keempat zona CONCACAF. Itu artinya mereka harus finis di peringkat kelima. Sejatinya, mereka masih punya peluang merebut tiket lolos langsung, dengan catatan pesaing terdekatnya Ekuador tergelincir di dua partai sisa. Sebab, saat ini, Ekuador berada di posisi keempat dengan mengemas 23 poin.

Sedangkan, Argentina berada di peringkat kelima dengan koleksi 22 poin. Mereka sama sekali tidak boleh lengah ketika menjamu Peru di Estadio Monumental, Buenos Aires, dini hari nanti (Siaran langsung Vision 1-Indovision pukul 04.30 WIB).

Memang sudah tertutup kans Peru untuk tampil di Piala Dunia 2010. Mereka menghuni dasar klasemen zona Conmebol dengan hanya koleksi sepuluh poin. Tapi, Peru punya ambisi menggagalkan ambisi Argentina.

“Yang kami inginkan adalah mengalahkan Argentina. Kami ingin melihat para pemain Argentina menangis karena gagal lolos dan hanya menonton Piala Dunia 2010 dari televisi,” kata Carlos Zambrano, bek Peru, seperti dilansir Reuters.

Jika seri atau kalah ketika meladeni Peru, Argentina benar-benar terancam kehilangan peluang. Diego Maradona, pelatih Argentina, bisa menjadi pelatih yang tercatat membawa Argentina gagal sejak kali terakhir di Piala Dunia 1970.

Argentina punya modal buruk, yakni kalah dalam tiga laga terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Conmebol. Karena performa itu Maradona melakukan beberapa perubahan dalam skuadnya. Dia memanggil Pablo Aimar, Gonzalo Higuain, dan Rodrigo Brana.

Aimar berpeluang starter karena  Veron yang bisa berposisi sebagai playmaker absen karena sanksi. Sedangkan, Higuian bakal jadi tandem Lionel Messi menggantikan posisi Sergio Aguero atau Carlos Tevez. “Saya percaya dengan kemampuan kami,” bilang Maradona. (ham/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar