Harus serius

10:10, 20/01/2011

Real Madrid v Atletico Madrid

MADRID-Keunggulan agregat 3-1 dari hasil first leg perempatfinal Copa del Rey, tidak membuat Real Madrid menyurutkan tekanan ketika meladeni Atletico Madrid pada second leg, dini hari nanti. Mereka berambisi merebut tiket lolos ke semifinal.

Memang, tugas Real bakal lebih ringan dalam El Derbi Madrileno di Santiago Bernabeu, markas Real. Dengan modal dari first leg, asalkan tidak kalah 0-2 atau lebih, Real dipastikan akan melenggang mulus menuju babak berikutnya.

Meski begitu, Real dipastikan tetap serius mengatasi Atletico. Musim ini, di tangan entrenador Jose Mourinho, Real serius di semua ajang. Mereka tak lagi menganggap Copa sebagai ajang sampingan. Target mereka menang di semua ajang.

“Kami menginginkan merebut treble winners, salah satunya menjuarai Copa del Rey. Kami belum pernah mencapainya, tapi kami sangat serius di musim ini. Kami memiliki peluang besar lolos ke semifinal,” bilang Esteban Granero, gelandang Real, seperti dikutip Soccernet.

“Bila menang, maka kami hanya terpisah tiga laga dari gelar. Fans di Vicente Calderon selalu merespons dengan baik, kami kesulitan. Real dapat merebut kemenangan di sana, tapi Copa del Rey selalu menyulitkan,” tutur Granero.

Ya, Real banyak belajar dari kegagalan mereka pada musim-musim sebelumnya di ajang Piala Raja Spanyol itu. Ketika itu, bisa dibilang tidak serius. Selain tidak menurunkan pasukan terbaik, banyak pemain yang tampil setengah hati.

Akibatnya, dalam dua musim terakhir Real selalu tersingkir di babak 32 besar dari lawan-lawan tidak sepadan. Musim lalu mereka tersingkir di kaki klub kasta ketiga Alcorcon. Begitu juga pada 2008-2009, di mana Real tersingkir dari klub kasta ketiga Real Union.

Bila menilik pada rekor El Derbi Madrileno, sepertinya Los Blancos, julukan Real, masih akan melajutkan dominasinya. Selain tidak terkalahkan dalam 12 tahun terakhir, Real juga selalu menang dalam empat duel terakhir kedua tim.

Melawan Atletico, Mourinho kemungkinan besar kembali memainkan Karim Benzema sebagai ujung tombak setelah eksperimennya saat melawan Almeria gagal. Mereka ditahan seri 1-1 (16/1). Cristiano Ronaldo dan Ozil dikembalikan ke posisi semula di winger kiri dan kanan.
Di sisi lain, kubu Atletico menyadari tidak akan mudah untuk menang 2-0 atas Real. “Kami khawatir akan kesulitan menghadapi mereka, lebih lagi kami harus mencetak dua gol agar bisa lolos,” bilang David De Gea.

Tanpa Aguero, pelatih Atletico Quique Sanchez Flores mengandalkan striker muda Fran Merida untuk menjadi tandem bagi Forlan. Kalau belum mampu mendobrak ketatnya pertahanan Real, masih ada Diego Costa di bangku cadangan. (ham/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar