Selamat Jalan Bung…

11:23, 23/03/2010
Selamat Jalan Bung…
Selamat Jalan Bung…

Burnap Dimakamkan di TPM Sei Agul

MEDAN-Usai sudah perjalanan Drs H Burhanuddin Napitupulu di dunia ini. Anggota DPR RI asal Sumut itu dikebumikan di Tempat Pemakaman Muslim (TPM) Jalan Karya, Gang Wakaf, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Senin (22/3) sekitar pukul 15.00 WIB
Ratusan pelayat melepas kepergian Burnap, begitu politisi tersebut biasa disapa. Tak terkecuali warga Kelurahan Sei Agul, yang sebelumnya telah menunggu di sepanjang jalan pintu masuk pemakaman. Hujan deras yang sempat membasahi Kota Medan tidak menyurutkan keinginan menunggu iring-iringan pembawa jenazah.

Mereka baru bergerak ke arah pemakaman setelah iring-iringan kendaraan foorezder mobil dinas Sat Lantas Poltabes Medan yang diikuti mobil sejumlah tokoh memasuki komplek pemakaman. Diantara rombongan terlihat sejumlah anggota DPR RI, para pejabat pemerintah propinsi dan kendaraan pelayat lainnya baik roda empat maupun roda dua.

Almarhum Burhanuddin Napitupulu meninggal dunia Minggu (22/3) sekira pukul 16.30 WIB di Rumah Sakit Pertamina Pusat Jakarta, dikarenakan mengalami serangan jantung usai bermain golf. Sebelum diberangkatkan pulang ke Medan, jenazah sempat di semayamkan di rumah duka di Jalan Simprug Golf 8 No BZ3 Jakarta Selatan.

Untuk penghormatan terakhir bagi almarhum Burhanuddin Napitupulu, jenazahnya pun sempat dibawa ke Gedung DPR-RI Senayan pada pukul 08.00 WIB sebelum diberangkatkan ke Medan melalui Bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.30 WIB  dengan pesawat pribadi milik mantan wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jenazah ayah 8 orang anak suami dari Hj Nur Asbah br Siregar ini bersama rombongan anggota DPR-RI lainnya tiba di Bandara VIP Polonia Medan sekira pukul 11.30 WIB, disambut Ketua DPD Partai Golkar sumut yang juga Gubernur Sumatera Utara H.Syamsul Arifin SE, Ketua DPD Partai Golkar Kota Medan HM Syaf Lubis bersama kader partai Golkar lainnya dan juga pejabat lainnya baik TNI/Polri.

Dan langsung menuju rumah duka di Komplek Perumahan Bumi Asri Blok D21 Jalan Asrama Medan.Sesampai di rumah duka jenazah disambut isak tangin oleh sanak keluarga.Peti jenazah mewah berwarna coklat yang berisikan jenazah Burhanuddin Napitulu yang sudah dibalut dengan  kain kapan putih disemayamkan di ruang makan yang berukuran 5X8 meter dekat dengan garasi mobil.

Rumah mewah bercatkan abu-abu berlantai dua dengan pagar besi hitamnya terus, menerima pelayat. Sementara itu istri almarhum Hj.Nur Asbah Siregar dengan memakai busana muslim warna putih, duduk mendampingi jenazah almarhum Burhanuddi Napitupulu tidak henti-hentinya mengaluarkan air mata.

Terlebih lagi ketika istri almarhum menerima ucapan belangsungkawa dari kerabatnya di DPR-RI. Cucu-cucu almarhum juga tidak henti-hentinya menciumi tangan jenazah Burhanuddin Napitulu.

“Ayahanda almaurhum Burhanuddin Napitupulu lahir di Tarutung pada 9 Maret 1940, adalah sosok putra terbaik yang dilahirkan Sumatera Utara. Beliau juga bukan saja menjadi bapak yang baik bagi keluarganya, ia juga adalah adalah guru saya.Burhanuddin Napitulu adalah saklah satu kader terbaik yang dimiliki oleh Partai Golkar,” ujar menantu almarhum yang juga anggota DPRD Sumut Chaidir Ritonga.

Selain pandangan politiknya di Partai Golkar, Burhanuddin Napitupulu juga adalah seorang pengusaha sukses. “Tidak ada yang kita bawa ketika menghadap Allah SWT selain amal dan ibadah yang baik semasa kita hidup. Harta, uang, jabatan ataupun stempel tidak akan kita bawa bersama kita ketika kita sudah menghadap sang khalik,” papar Gubernur Sumatera Utara H.Syamsul Arifin SE di rumah duka.

Untuk itu, tambah Syamsul, untuk menghadap yang Maha Kuasa umat manusia hanya satu bekal yang dibawa amal dan ibadah ketika manusia itu hidup. “Dimata Allah SWT manusia itu semua sama, baik itu pejabat anggota DPR-RI atau masyarakat biasa, semuanya sama,” tegas Syamsul.
Selain Waka Poldasu jajaran perwira Kodam I/BB yang memawkili Pangdam I/BB Mayjen TNI M.Noer Muis juga menghadiri prosesi pemakaman Burhanuddin Napitulu.Diantaranya Kepala Penerangan Kodam I/BB (Kapenmdam) Letkol Asren Nasution, Aster Kasdam Kolonel Inf Wisnu Wicitra, Barja Staf ahli Pangdam Kolonel Inf Ahwan Ismadi,.

“Pak Burnap merupakan tokoh Sumut yang banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.Kearifannya perlu ditauladani,” tegas Letkol Asren.

Terlalu Dini Bicarakan PAW
Anggota Komisi III DPR-RI dari Partai Golongan Karya Chairuman Harahap mengatakan penggantian antar waktu (PAW) terhadap almahum Burhanuddin Napitupulu dari dari Gedung DPR-RI Senayan masih terlalu dini.

Chairuman menegaskan, saat ini DPP Partai Golkar membicarakan tentang PAW terhadap Ketua Komisi II DPR-RI tersebut. “Saat ini kita hanya mengurusi proses pemakaman jenazah almarhum saja (Burhanuddin Napitupulu).Sejauh ini kita belum membicarakan tentang penggantian almarhum di DPR RI,” ucapnya saat di rumah duka.

Namun mantan Kajatisu ini mengakui, penggantian Burhanuddin Napitupulu akan dibicarakan secepatnya.
“Bila urusan admintrasi almarhum selesai di DPR RI, kita juga akan membawa wacana ini pada pimpinan partai,” tegas Harahap.
Burhanuddin Napitulu mencalonkan diri menjadi anggota DPR-RI dari partai Golkar dengan nomor urut 1 dengan Daerah Pemilihan (Dapem) satu untuk Sumatera Utara, pada saat Pemilu 2009 kemarin.

Burhanuddin Napitupulu maju ke Senayan setelah perolehan suaranya sudah memenuhi quota, mengungguli calon anggota DPR-RI lainnya, yang juga dari Partai Golkar Mutya Hafiz yang ketika ini mendapatkan nomor urut dua.(rud)

makam-burnap

[ketgambar]TERAKHIR: Anak dan istri almarhum melepas kepergian  Burhanudin Napitupulu ke tempat peristirahatannya yang terakhir.
menangis di pemakaman Muslimin Kelurahan Sei Agul,Silalas dan Kr Berombak Kec Medan barat Kota Madya Medan. Senin (22/3) // ANDRI GINTING/SUMUT POS[/ketgambar]


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar