Bangkit Setelah Mati Suri

09:37, 01/04/2010
Bangkit Setelah Mati Suri
Bangkit Setelah Mati Suri

D Apart A Men, Grup Musik Beraliran Hip-hop

Musik hip-hop atau rap di Kota Medan kembali menggeliat setelah sempat mati suri. Musik yang megnadopsi musik-musik pedalaman orang Negro di pedalaman Afrika tersebut bahkan mulai ngetren di kalangan anak muda pecinta musik.

Ari Sisworo, Medan

Kembali unjuk giginya musik rap di Kota Medan sejak dua tahun lalu yakni, pada tahun 8 Agustus 2008. Dimulai dengan adanya acara gabungan antar sesama komunitas rap Medan di Hotel Danau Toba Medan dengan tajuk ‘Hip-Hop Is II’. Beberapa diantaranya adalah Unstigma, Tales Yesterday, Tomorrow Shine, 2 Feel 2 Side, D Apart A Men dan banyak lagi yang lainnya.

Setelah pagelaran tersebut, para komunitas musik itu sepakat menelurkan album kompilasi berjumlah 12 lagu. Salah satu lagunya adalah Patriotn
yang dibawakan oleh D Apart A Men.

D Apart A Man sendiri adalah satu dari komunitas rap yang terbentuk pada even Hip-Hop Is II tersebut. Komunitas yang selalu membawakan lagu-lagu yang bertipikal easy listening (enak didengar, Red) tersebut hanya beranggotakan dua orang remaja saja yakni, Reza Wira Permata Rangkuti yang memiliki julukan Aka Reza Thin Man dan Fiza Aka Fiza Faren Sky.

“Sebelumnya, banyak para raper Medan yang main sendiri-sendiri alias solo. Setelah ada ajang Hip-Hop Is II tersebut, ada yang menggabungkan diri. Salah satunya saya dan Fiza dengan nama D Apart A Men. Sampai sekarang sudah ada sekitar 30-an komunitas rap yang ada di Medan,” ujar Reza saat ditemui wartawan koran ini di basecampnya, Jalan Perintis Kemerdekaan No 20 Depan Taman Budaya Medan.

Mengenai perjalanan, D Apart A Men memiliki obsesi untuk melangkah jauh ke dapan yakni berkecimpung di blantika musik nasional. Sebagai buktinya, D Apart A Men bisa dibilang sangat produktif untuk menciptakan lagu-lagu sendiri. Di tahun 2008, D Apart A Man telah menciptakan sebanyak empat lagu yakni, Party Glamour, Patriot yang pernah selalu merajai tangga lagu anak Medan di Star FM dan masuk menjadi album kompilasi anak-anak rap Medan, Ya Gol Lah, Feel My Friend.

Ditahun 2009 mereka menciptakan 10 lagu diantaranya, Gangsta Soulja, Goyang Ranjang, Broken Heart dan beberapa lainnya. Sementara di tahun 2010 ini, D Apart A Men telah menciptakan sebanyak empat lagu yang bertema  cinta seperti Melodi Memori Kita, Lumono, Don’t Leave Me dan Poligami.

Lagu-lagu yang diciptakan oleh Reza dan Fiza tersebut termasuk lagu yang banyak diminati oleh banyak orang. Buktinya, lagu Gila Poker dan Mabok Lagi selalu merajai tangga lagu anak Medan di Star FM dan masuk menjadi album kompilasi anak-anak rap Medan. Untuk lagu Melodi Memori Kita, saat ini sudah diputar di sejumlah radio di Medan seperti Kiss FM, Star FM, Most FM Prambors dan radio-radio lainnya.
“Lagu-lagu yang tercipta biasanya dari keseharian, pengalaman pribadi serta fenomena sosial yang terjadi di kalangan masyarakat dan remaja,” terang Reza lagi.

Menyangkut prestasi yang telah ditorehkan tersebut, bukan hanya sebatas itu saja. Karena Itu merupakan satu dari sekian banyak prestasi yang direngkuh oleh D Apart A Men. Prestasi-prestasi lainnya adalah D Apart A Man merengkuh titel juara 1 pada ajang Battle Rap di Terminal Futsal pada 5 Desember 2009 lalu. Selain itu, juara 2 kompetisi HIV/AIDS yang diadakan di USU pada Januari lalu. Mereka juga sempat menjadi juara 3 rap yang diadakan sebuah radio yakni Go FM pada 31 Mei 2009 yang lalu.

“Di bulan April ini, D Apart A Men akan mengikuti festival rap yang tempat dan tanggal tepatnya belum diketahui. Lagu-lagu yang rencananya akan dibawakan adalah Lumono dan Melodi Memori Kita,” cetusnya.

Selain mengikuti sejumlah festival, D Apart A Men juga sering diminta untuk menjadi bintang tamu di sejumlah even seperti pada Februari lalu, mereka menjadi bintang tamu di sebuah acara yang diadakan oleh SMA Amir Hamzah Medan. Acara Pentas Seni SMA II Medan pada 2008 silam, sering juga mengisi acara pada even yang diadakan di Merdeka Walk.

“Pada acara di Merdeka Walk, menjadi bintang tamu pembuka sebelum grup vokal RAN dari Jakarta,” ucapnya.
Berdasarkan prestasi-prestasi tersebut, D Apart A Man ingin lebih maju lagi. Untuk itu D Apart A Man telah melakukan beberapa kerjasama. Antaranya, menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Telkomsel Medan. Bentuk kerjasamanya adalah D Apart A Men memasukkan demo lagunya ke Telkomsel Medan pada Januari lalu. Demo lagu tersebut berisi enam lagu ciptaan mereka sendiri yakni Ya Gol Lah, Flow In The Club, Gangsta Soulja, Mabok Lagi, Goyang Ranjang dan Gila Poker.

“Janjinya demo-demo lagu tersebut akan dijadikan NSP (Nada Sambung Pribadi). Keterangan pihak Telkomsel, kemungkinan pada Mei mendatang demo lagu kami sudah dijadikan NSP. Sekarang demo tersebut sedang diproses di Telkomsel pusat. Selain itu juga, recording dari Say Ko Ji yakni Nyos Record pernah meminta demo lagu kami juga. Sayangnya sampai sekarang belum ada kabar selanjutnya,” kata mahasiswa semester VI Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara (USU) tersebut. (*)

d-apart-amen

[ketgambar]HIP- HOP:Personel D Apart A Men musik beraliran hip-hop Reja (kiri) dan Fiza (kanan) berpose. // [/ketgambar]


YM

 
PLN Bottom Bar