Tokoh Paling Dikagumi

10:35, 30/12/2010
Tokoh Paling Dikagumi
Barrack Obama

Barrack Obama

SIAPA tokoh paling dikagumi di Amerika Serikat (AS) tahun ini? Jawabannya adalah Presiden Barack Hussein Obama dan Menlu Hillary Rodham Clinton. Itulah hasil jajak pendapat tahunan Gallup tentang lelaki dan perempuan paling dikagumi di AS pada 2010.

Survei Gallup dan The USA Today itu diadakan pada 10 Desember lalu lewat wawancara telepon kepada 1.019 warga AS yang dipilih secara acak. Tingkat kesalahannya (margin of error) sekitar 4 persen. Dirilis Senin lalu (27/12), jajak pendapat tersebut menanyai responden soal siapa saja lelaki dan perempuan di dunia ini yang paling mereka kagumi.  Obama memimpin kategori tokoh lelaki dengan dukungan 22 persen. Dia disusul dua mantan Presiden George W. Bush (5 persen) dan Bill Clinton (4 persen). Hillary Clinton unggul di kelompok perempuan dengan 17 persen. Mantan Gubernur Alaska dan capres Sarah Palin (12 persen) serta host acara talk show di TV Oprah Winfrey (11 persen) menyusul di belakangnya.

Obama telah memimpin polling tersebut sejak 2008 setelah memenangi pilpres dan menjadi presiden kulit hitam pertama (keturunan Afrika) di AS. Saat itu bapak dua anak tersebut menjadi tokoh yang dikagumi dengan dipilih 32 persen responden.

Hillary telah 15 kali menjadi perempuan paling dikagumi dalam jajak tersebut sejak 1992. Ibunda Chelsea Clinton itu mempertahankan posisi tersebut selama sembilan tahun beruntun.  (AFP/AP/c9/dwi/jpnn)


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar