Banjir Australia Mulai Makan Korban

11:00, 03/01/2011

QUEENSLAND- Banjir yang melanda Negara Bagian Queensland, Australia, menelan korban jiwa kali pertama. Seorang perempuan yang terjebak di dalam mobilnya di tengah derasnya air bah terbawa arus hingga beberapa kilometer dan ditemukan tak bernyawa.

terjadi dalam rangkaian bencana saat polisi menolong delapan orang yang terjebak di dalam mobil. Namun, petugas tak mampu menjangkau perempuan malang tersebut. Jenazahnya ditemukan beberapa jam kemudian.
Tim penyelamat juga mencari seorang pria yang tengah memancing dengan menggunakan perahu kecil. Perahunya diempas air bah saat memancing di pinggiran Sungai Boyne. Selain itu, seorang perenang dilaporkan hilang di Sungai Fitzroy. Dua orang lainnya juga dilaporkan hilang.

Lebih dari 20 wilayah setingkat kabupaten terimbas banjir akibat meluapnya sejumlah sungai yang membelah Queensland. Wilayah terdampak sudah melebihi luas Prancis plus Jerman. Lebih dari 200 ribu orang terimbas. Mereka barangkali mengalami banjir terburuk dalam sejarah kehidupan mereka.Di sejumlah wilayah, ketinggian air mulai surut. Namun, di Rockhampton, kota berpenduduk 77 ribu jiwa, ketinggian air mencapai puncaknya. Rockhampton adalah kota terakhir yang dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai sembilan meter. Bandara setempat ditutup dan jalan tol utama tidak bisa dilewati.

Angkatan Udara Australia telah dikerahkan untuk mengirimkan akomodasi darurat kepada masyarakat di pengungsian. Di tempat lain dilaporkan, tingginya air telah membanjiri ribuan rumah. (cak/dos/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar