Banjir Penghargaan

10:27, 23/01/2011

Film tentang Facebook, “The Social Network” menjadi film drama terbaik di ajang Golden Globe 2011. Selain menjadi film terbaik, sutradara The Social Network, David Fincher diganjar sutradara terbaik, Aaron Sorkin menjadi penulis skenario terbaik.

Ajang penghargaan Golden Globes, salah satu penghargaan paling prestius setelah Academy Awards. Para pemenang dalam penghargaan ini dinilai oleh lebih dari 90 wartawan film Hollywood. Penghargaan ini digelar di Beverly Hills, Los Angeles pada Minggu (16/1) malam atau Senin (17/1) pagi waktu Indonesia.  Belum usai Golden Globe mengumumkan semua pemenangnya, Critics Choice Movie Award malah sudah lebih dulu mengumumkan The Social Network sebagai film terbaik versi mereka.

Nama-nama pemenang Critics’ Choice Awards ke-16 diumumkan Kamis malam (15/1) lalu di Los Angeles. Penghargaan ini diberikan setiap tahun oleh Broadcast Film Critics Association untuk menghormati insan terbaik dalam pencapaian sinematik.

Malam itu, meskipun Inception merupakan film yang paling banyak memborong piala, tapi para juri sepakat memilih The Social Network sebagai pemenang dalam kategori paling bergengsi malam itu.

Film yang dibintangi Jesse Eisenberg sebagai penemu Facebook, Mark Zuckerberg, itu memenangkan kategori Best Picture, yang juga memasang Inception sebagai nominatornya. Film arahan David Fincher itu juga membawa pulang tiga trofi lain untuk kategori Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best Score untuk title track, buah karya Trent Reznor dan Atticus Ross.

Sementara itu, Inception membawa pulang lima kemenangan, termasuk Best Cinematography dan Best Visual Effects. Pemenang untuk kategori aktor/ aktris pembantu terbaik jatuh pada pasangan di The Fighter, Christian Bale dan Melissa Leo. Sedangkan untuk aktor/aktris utama terbaik, pemenangnya jatuh pada Colin Firth lewat The King’s Speech, dan Natalie Portaman lewat Black Swan. Piala ini adalah satu-satunya kemenangan untuk Black Swan.(net/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar