SMPN 1 Patumbak Terapkan PAKEM

04:55, 17/02/2010

Pelaksanaan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) masih ada kendala, terutama masalah keaktifan siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.
Kepala SMP N 1 Patumbak, Drs Zulkifli mencoba merubah metode KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dengan menerapkan BTI (Best Teaching ang Learning) yaitu pembelajaran bernuansa PAKEM (Pelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dengan melatih semua guru.

Persiapan ini dimulai sejak Agustus 2009 dengan mendatangkan pelatih dari Koordinator DBE Kabupaten Deli Serdang yaitu Drs H Adi Mutia, MPd dan Drs Akhiruddin Tanjung, MPd.
Dalam pelaksanaannya, metode pembelajaran BTI menyenangkan dan bermakna di SMPN 1 Patumbak. Kelihatan juga pihak DBE pusat Jakarta menarik perhatian terhadap pelaksanaannya, sehingga Kamis 11 Februari 2010 lalu telah mengunjungi SMP N 1 Patumbak dengan didampingi DBC Provinsi Sumut dan Koordinator DBE Kabupaten Deli Serdang.

Dari hasil peninjauan atau monitoring tersebut, DBE sangat berterima kasih dan kagum terhadap SMP N 1 Patumbak yang telah gigih/sungguh-sungguh dalam menerapkan metode pembelajaran ini karena SMP N 1 Patumbak sebenarnya bukan termasuk sekolah binaan DBE, tapi guru-guru SMP N 1 Patumbak mampu menggerakkan kemauan siswa memajukan pembelajarannya dan meningkatkan kreatifitas dalam meningkatkan potensi masing-masing siswa.
Dalam kesempatan ini, SMP N 1 Patumbak juga mengucapkan terima kasih kepada Konsul Amerika yang telah memberikan cendera mata yang disampaikan Mrs Cini dalam rangkaian kegiatan kunjungannya bersama anggota team DBE. (*)

Kiriman: AA Sidabariba
Guru SMP N 1 Patumbak


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

Comments (1)

  1. martha debora gultom says:

    wiih

    keren nya smp patumbak ku yg tersayang,,

    makasi y pak zukifli

 
PLN Bottom Bar