Cara Praktis Make Over Ruangan

09:50, 28/05/2010

Ingin mengubah ruangan (make over) tanpa biaya besar? Jawabannya, sangat bisa! Caranya, memanfaatkan saja barang-barang lama yang ada di rumah.

Sigit Antoro, arsitek dari PT Jingga Saffron Artistika menyarankan, barang-barang lama yang ada dimunculkan dengan tampilan berbeda. Sigit juga mencontohkan pemakaian tirai jendela, yang selama ini hanya menggunakan gorden berlapis vitrase, dan dilengkapi relnya. Padahal, menurut Sigit, gorden bisa diganti dengan selehai selendang atau kain antik pemberian nenek, untuk dijadikan tirai.

“Lalu, dinding yang semula polos lalu dipasangi lukisan, pasti akan terlihat hidup dan semarak. Atau, memasang taplak dan karpet bergambar unik di dinding,” tutur Sigit seraya menyebutkan penambahan elemen lampu sudut bisa menghangatkan suasana.

Sigit pun mengingatkan, masih banyak orang terjebak saat melakukan make over, berarti harus merombak banyak ruang. Padahal, imbuhnya, hal itu tak perlu dilakukan. Hanya dengan menukar barang seperti bantal, kursi, atau lainnya saja, rumah sudah akan terlihat berbeda. “Semua yang ada di rumah tinggal dirotasi saja letaknya. Misalnya, yang tadinya ada di kamar tidur, dipindah ke ruang tamu, atau sebaliknya,” kata dia.

Sigit mencontohkan, ruang tidur yang terasa sempit, ternyata masih bisa ditambah satu kursi. Selain tempat istirahat, kamar bertambah fungsinya menjadi ruang baca. Apalagi jika ditambah lampu dan meja kecil untuk meletakkan buku-buku bacaan akan menjadi semakin manis.
Selain untuk berganti suasana, kata Sigit, make over pun dilakukan karena adanya kebutuhan sang penghuni yang berubah.

Sigit menambahkan, toilet pun bisa diubah pula menjadi ruang baca, dengan meletakkan berbagai macam buku di salah satu sudutnya. Intinya, tak perlu ada penambahan biaya yang luar biasa untuk make over rumah. Cukup gali kreativitas.

Dan satu hal lagi, lanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan aksen tanaman hidup di dalam rumah. “Tanaman bisa memberi efek dramatis, kesan lapang dan luas. Apalagi jika salah satu sudut tanaman tadi terkena cahaya lampu yang sengaja diletakkan di sebelahnya, pasti akan memberikan efek dramatis,” tuturnya. (net/jpnn)


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar