Awas Amaral

10:27, 06/02/2011

Bintang Medan vs Manado United

MEDAN- Kesebelasan Bintang Medan yang berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI), akan melakoni laga kandang keduanya musim ini melawan Manado United di Stadion Teladan, sore ini.

Sayang, tuan rumah sedang tidak dalam kondisi prima. Sejumlah pemain terpaksa absen lantaran cedera. Termasuk bantuan dari pemain impor. Dari empat pemain impor yang ada, Bintang Medan hanya bisa menurunkan dua pemain, Cosmin Vanase di depan dan Amin Kamoun di belakang. Selebihnya skuad asuhan arsitek asal Jerman, Michael Feicteinbeiner itu akan diisi pemain lokal. Sedangkan Ahn Hyo Yoen asal Korea Selatan absen lantaran cedera paha.
Syahril Nasution pelatih kiper Bintang Medan yang menemui wartawan saat sesi jumpa pers menjelaskan, pihaknya kemungkinan hanya menarget hasil seri. Sebab peta kekuatan lawan belum tergambar. Plus kekurangan pemain yang tak sebanding dengan kekuatan Manado United yang siap tampil full team.

“Yang jelas kita berharap bisa menang. Tapi kami juga berharap kepemimpinan wasit harus lebih baik di laga nanti. Karena kami merasa kualitas wasit di LPI masih kurang baik,” kata Syahril.

Dan yang terpenting bagi Bintang Medan, adalah kewaspadaan ekstra akan sosok Alexander Amaral eks gelandang Fiorentina, yang kini membela Manado United.

Mantan gelandang Brasil di Piala Dunia 1998 itu juga siap mengancam pertahanan Bintang Medan. Meski sudah berusia 37 tahun, Amaral masih dianggap punya kelas dan berpengalaman.

Adalah tugas  Amin Kamoun di lini belakang, untuk mengawal pergerakan Amaral. Sudah seharusnya pula bek Bintang Medan asal Tunisia itu mampu menggalang kekuatan di bawah untuk menghalau bola-bola atas hasil umpan Amaral.

Pelatih Manado United, Muhammad Al Hadad alias Mamak sendiri menginstruksikan anak asuhnya bermain menyerang.

Menurut Mamak, susunan pemain yang akan diturunkan kemungkinan besar seperti saat mengalahkan Cendrawasih Papua pekan lalu. Hanya Yudas Ogu yang terkena akumulasi kartu kuning pasti tak bisa turun. Corneles Mamesah kemungkinan akan menggantikan Ogu di posisi bek sayap kanan.

Di depan, duet Andi Supendi dan Amir Amadeh yang bermain bagus saat melawan Cendrawasih Papua akan dipertahankan. Jardel Santana asal Brazil bersama Alexander Amaral akan menjadi andalan di lapangan tengah. Keduanya akan ditemani tiga gelandang lain, yakni Razi Al Kharani, Rosta dan Mamesah.

Di lini pertahanan, libero asal Kamerun, Feliks Yetna akan menjadi tumpuan dalam mengamankan gawang. Yetna akan ditemani bek kiri asal Iran Ali Husain dan pemain lokal, Warsidi di bek kanan. Sementara posisi kiper masih belum bisa ditentukan apakah Yana Mulyana atau Bogey Santoso yang akan diturunkan.

Mamak mengatakan, dengan formasi ini diharapkan setidak-tidaknya hasil imbang bisa diperoleh. “Formasi 3-5-2 itu bisa menyerang dan bertahan dan kami akan menggunakannya untuk bermain offensive,” katanya. (ful)


YM

 
PLN Bottom Bar