Tengku Lukman Sinar Mangkat

10:55, 14/01/2011

MEDAN-Kabar duka menyelimuti warga Sumatera Utara. Ketua Forum Komunikasi Antaradat Sumatera Utara yang juga Pemangku Adat Kesultanan Serdang, Tengku Lukman  Sinar Alhaj SH, meninggal dunia, Kamis (13/1), sekira pukul 19.50 waktu Malaysia.

Sebelumnya, Sultan Serdang ini dirawat di  Rumah Sakit Sime Darby Medical Center, Subang Jaya, Malaysia, akibat penyakit yang dideritanya. “Saya dapat kabar lewas SMS dari teman-teman terkait meninggalnya Tengku Lukman  Sinar habis Maghrib tadi,” ungkap HT Erry Nuradi, Bupati Serdang Bedagai yang dihubungi wartawan koran ini via telepon tadi malam Erry Nuradi mengaku, kehilanggan dengan meninggalnya Tengku Lukman  Sinar Alhaj. Soalnya selain dikenal sebagai budayawan yak mengabdikan diri pada masyarakat. Selain penasehat Partai Golkar Sumut, dia juga dosen di salah satu PTN,’’ beber Tengku Nazariah.

Tengku Luckman  Sinar Basarsha II SH dinobatkan sebagai Pemangku Adat Kesultan Serdang pada 12 Juni 2002 oleh Sultan Deli Ke XII, Tuanku Azmy Perkasa Alam.

“Di mata kerabat Kesultanan Deli, beliau adalah sebagai contoh teladan yang begitu disegani. Banyak ide dan gagasan beliau yang menjadi contoh untuk kemajuan bagi Melayu sendiri,’’ tegas Tengku Yaya. (dra/her/rud)


YM

 
PLN Bottom Bar