Calon Penumpang Mandala Terlantar

10:15, 14/01/2011

Tiket Sudah Dibeli untuk Keberangkatan Hari Ini

MEDAN-Ratusan calon penumpang maskapai Mandala Airlines terlantar di Bandara Polonia Medan, Kamis (13/1), karena salah satu maskapai tertua di Indonesia itu dinyatakan ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Pantauan wartawan di Bandara Polonia Medan, ratusan calon penumpang Mandala bingung karena seluruh loket penjualan tiket Mandala Airlines sudah tutup. Kebingungan mereka semakin bertambah, sebab tidak satupun petugas dari Mandala terlihat untuk dimintai penjelasan. Ratusan penumpang ini kebanyakan akan berangkat tujuan Medan-Pekanbaru, Jumat (14/1) hari ini.

Khairul Fadli, seorang calon penumpang Mandala tujuan Medan-Pekanbaru mengungkapkan kekesalannya. Menurutnya, Mandala tidak memberitahukan adanya penutupan sementara. Padahal, dirinya sudah membeli tiketn
“Saya beli tiket dari agen di Jalan Brigjen Katamso Medan. Nomor handphone dan identitas juga diminta. Tapi tidak diberitahu,” tegasnya kepada wartawan.

Dia juga menyatakan akibat tidak adanya pemberitahuan ini, bisnis perkebunannya di Pekanbaru terancam merugi. “Jumat sore saya ada janji dengan klien di Pekanbaru, bisa kacau kalau begini,” tegasnya.

Sementara itu, akibat tutupnya maskapai Mandala Airlines, ratusan calon penumpang terpaksa beralih ke maskapai lain. Salah satu yang dipilih calon penumpang adalah Maskapai Lion Air.

Sementara itu berdasarkan pantauan di loket penjualan tiket Lion Air, calon penumpang tujuan Pekanbaru tampak berdesakan untuk mendapatkan tiket.

Sedangkan calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket Maskapai Mandala Airlines tetapi tidak memiliki uang lebih untuk membeli tiket maskapai lain, memilih duduk di trotoar jalan di dalam Bandara Polonia Medan dengan penuh kebingungan.

“Kami sudah beli tiket untuk Jumat siang. Karena dapat kabar Mandala tutup kami datang satu hari sebelum berangkat. Kemana kami mau tukar tiket ini, “ kata Adrian Pinem, salah seorang calon penumpang Mandala, bersama delapan keluarganya yang akan berangkat ke Pekanbaru.

Sementara itu Administrator Bandara Polonia Medan, Razali Abubakar, pada wartawan Kamis (13/1) menegaskan, maskapai Mandala Airlines harus mengembalikan uang calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket.
Tetapi menurut Abubakar, kemungkinan besar pengembalian uang tiket akan dilakukan secara transfer. Dia juga menegaskan agar loket Mandala di Bandara Polonia dibuka, dan memberikan penjelasan kepada calon penumpang. Sementara itu hingga saat ini tidak seorangpun pejabat di Maskapai Mandala Air, memberikan keteranganya secara resmi pada wartawan. (rud)


YM

 
PLN Bottom Bar