Barongsai Serba Hijau

10:51, 07/02/2011
Barongsai Serba Hijau
TAMPIL BEDA: Atrasi barongsai serba hijau saat pawai di depan halaman Markas Brimob Detasmen B Jalan Ahmad Yani, Kota Tebing Tinggi , Sabtu (5/2).//SOPIAN /sumutpos

TEBING TINGGI- Di tengah kemeriahan pesta perayaan Imlek 2562, ada yang lain saat menyaksikan atraksi barongsai di Kota Tebing Tinggi.

Tampilan barongsai singa dan naga (dragon) yang biasanya lebih didominasi warna merah dan hitam, kali ini bernuansa hijau.

Ratusan pasang mata seakan terpana dan enggan beranjak saat melihat penampilan Barongsai Teratai  Naga Hijau sepanjang 20-an meter diiringi dentuman gendang dan dentangan simbal berlari dan meliuk-liuk mengejar bola api  mutiara  hijau.

Tidak hanya memamerkan kepiawayannya dengan mengunjungi vihara-vihara, atraksi anak-anak asuhan yang tergabung dalam Perkumpulan Barongsai Teratai binaan Kaden B Brimobdasu Tebing Tinggi, AKBP Arif Budiman Sik MH dibantu Pasi Ops AKP Antoni Tampubolon ini juga unjuk kebolehan di puast-pusat keramaian dan pusat perbelanjaan di kota Tebing Tinggi.

Ketua Perkumpulan Barongsai Teratai Kota Tebing Tinggi, Tan Tji Kiat yang akrab disapa Akiat Gendut di sela-sela atraksi yang diawali dari depan Markas Brimob Detasemen B Jalan A Yani Kota Tebing Tinggi, Sabtu malam (5/2) sekira pukul 20.00 WIB, mengaku cukup berbangga hati dan senang karena dapat terus mempertahankan salah satu kebudayaan leluhur (nenek moyang) etnis tionghoa ini.

“Tidak banyak dari kita khususnya generasi muda tionghoa yang tahu asal usulnya dari mana, salah satu suku di Indonesia ini memang punya cerita yang terbilang unik dan penuh perjuangan,” ungkapnya.(mag-3)


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar