Air Sungai Meluap, Pembangunan Bendungan Molor

10:06, 13/01/2011

BINJAI- Gara-gara air Sungai Bingai meluap, proyek pembangunan bendungan di aliran Sungai Bingai oleh PDAM Tirtasari Binjai terkendala. Padahal bendungan itu dikerjakan, Mei 2010 lalu oleh PT Idee Murni Pratama.

Koordinator Pembangunan, P Nasution, saat melakukan peninjuan ke Kantor PDAM Tirtasari, Jalan Gunung Sinabung, Marcapada, Kecamatan Binjai Selatan, Rabu (12/1) mengatakan awalnya pembangunan bendungan ini diperkirakan selesai akhir Januari 2011 mendatang. “Setelah kita selesaikan. Maka, waktu perawatannya akan kita lakukan sampai bulan Juni 2011 mendatang,” ujar P Nasution.

Dia menjelaskan, bangunan yang akan dibuat diantaranya bendungan air dengan tinggi 3 meter dari dasar air sungai, benteng dengan luas 38 meter dan panjang 18 meter.

“Pekerjaan ini melalui APBN tahun 2010 dengan anggaran sebesar Rp7 miliar,” jelas P Nasution, seraya menambahkan, pembangunan ini dilakukan setelah adanya permohonan  PDAM Tirtasari ke pusat.

Selain itu, P Nasution juga mengaku, kendala pengerjaan yang dilakukan diakibatkan tidak diberinya air PDAM dimatikan sementara selama satu bulan. “Kami sudah pernah meminta agar air sungai dibendung. Namun, itu tidak diberikan, sebab air PDAM secara otomatis akan mati. Kalau kemarin diizinkan, dalam jangka satu bulan pengerjaan ini sudah selesai,” kata P Nasution.(dan)


YM

 
PLN Bottom Bar