Uang Kuliah USU Naik 100 Persen

09:47, 26/05/2010

Mahasiswa Gelar Demo di Gedung Biro Rektor

MEDAN- Puluhan mahasiswa USU menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Biro Rektor USU, Jalan Dr Mansyur Medan kemarin (25/5). Dalam aksinya, mereka memprotes kebijakan rektorat yang menaikkan uang SPP (Sumbangan Pembangunan Pendidikan) 100 persen.
Pimpinan Aksi Dedi Rahmat, dalam orasinya mengatakan, pihak rektorat telah mengeluarkan SK tentang kenaikan SPP terhadap mahasiswa baru. “Kenaikan tersebut tanpa pernah disosialisasikan sama sekali kepada mahasiswa,” tegasnya.

Menurut Dedi, pemberlakukan tarif SPP terhadap mahasiswa baru tersebut jumlahnya mencapai 100 persen jika dibandingkan dengan mahasiswa baru tahun sebelumnya. “Kenaikan SPP tersebut untuk mahasiswa eksakta yang pada awalnya sebesar Rp1 juta kini naik menjadi Rp2 juta, sedangkan untuk non eksakta dari Rp750 ribu naik menjadi Rp1,5 juta,” bebernya.

Sampai saat ini, lanjutnya, belum ada alasan yang jelas mengenai kenikan SPP tersebut, sebab masalah kenaikan SPP itu tidak pernah disosialisasikan pada masa jabatan rektor yang lama sampai sekarang. “Padahal, diketahui bahwa SK rektor tentang kenaikan SPP tersebut adalah rektor yang lama mengesahkannya, tapi sampai pergantian rektor yang baru, ternyata sosialisasi kenaikan SPP masih saja tidak pernah dilakukan,” katanya.

Lebih lanjut Dedi berasumsi, ada indikasi bahwasanya pihak rektorat sengaja menutupi informasi mengenai kenikan SPP tersebut. “Sebenarnya apa yang terjadi pada pihak rektorat sehingga menaikkan SPP sampai sebesar 100 persen,” ujarnya. Koordinator Lapangan Aksi Syafitriyani, dalam orasinya mengatakan, yang sangat disesalkan adalah mengapa SK yang telah dikeluarkan pada Maret 2009 lalu baru belakangan ini diketahui.

Namun karena tidak mendapat penjelasan dari pihak rektorat, massa aksi akhirnya meninggalkan biro rektor. Dalam aksinya itu, mahasiswa juga membawa bendera Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Aksi itu dijaga ketat oleh petugas keagamanan Biro Rektor USU. Pukul 13.00 WIB, massa membubarkan diri sambil berjanji akan kembali melakukan aksi.(rud/saz)


YM

Comments (1)

  1. MORDONG says:

    IKUT AKU JADI MORDONG,LAE PE MORDONG MA , AI GAJI NAIK 5% DO.

 
PLN Bottom Bar