Perubahan yang Lebih Baik

10:31, 10/12/2010

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1432 H

Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1432 H, Selasa (7/12), sejumlah instansi dan organisasi masyarakat mengadakan acara. Dari sejumlah daerah yang memperingati tahun baru Islam terpetik satu kesamaan pesan yakni, mengawali tahun baru Islam ini dengan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan dan arah perubahan ke arah yang lebih baik. ‘’Hikmah Tahun Baru Islam 1432 H adalah kita mantapkan disiplin dan profesionalisme prajurit TNI demi suksesnya pelaksanaan tugas pokok TNI,”tegas  Komandan Pangkalan TNI AU Medan, Kolonel (PNB) Taufik Hidayat SE saat memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1432 H di Aula Silindung, Rabu (8/12).

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat Suci Al-quran yang dibacakan oleh Serma Teuku Yusri dengan saritilawah Serda Maharani Potu. Pembacaan Ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh Anggota Lanud Medan berisikan tentang perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW selama 1 tahun.

Komandan Pangkalan TNI AU Medan Kolonel PNB Taufik Hidayat SE berpesan kepada yang hadir dalam acara tersebut untuk dapat lebih memahami dan mensyukuri apa artinya hidup ini, Allah memberikan kita umur yang panjang, rezeki yang banyak, keluarga yang rukun, dan tentunya nikmat iman, itu semua harus wajib kita syukuri di dalam menjalani hidup sehari-hari agar hidup kita lebih tertata dengan rapi baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan kerja sehari-hari.

Al Ustadz H Drs H Bahrum Saleh MA dalam ceramahnya mengatakan, hikmah yang bisa dipetik dari Tahun baru Islam 1 Muharram 1432 H adalah bagaimana kita mengukur kemampuan kita selama 1 tahun yang lalu di dalam melaksanakan syariat agama dengan niat Allah semata agar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang selama ini dapat merugikan diri kita sendiri.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Pangkalan TNI AU Medan beserta Kadispers, Kadisops dan jajaran Perwira yang beragama Islam dan anggota dari Kosek III Medan dan Kompi A BS Paskhas Medan.

Perayaan tahun baru Islam juga dilaksanakan Kampus LP3I, Rabu (8/12).  Kegiatan ini  dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap bulan yang dimuliakan sekaligus membrikan pemahaman arti perubahan dari yang kurang baik ke arah yang lebih baik.  “Selama ini banyak generasi muda yang hanya memeriahan tahun baru masehi dengan kegiatan yang cenderung kurang memiliki makna.

Sementara perayaan tahun baru Islam sudah mulai dilupakan generasi muda. Padahal, kita ketahui perayaan 1 Muharram memilki makna cukup bagus untuk perubahan moral para kawula muda hususnya. Untuk itu kita buat acara sederhana seperti ini namun memiliki faedah yang luar biasa,”ujar ketua panitia Syahriza.

Ustad Qosim Nurseha Lc, dalam ceramahnya mengatakan, ada tiga poin yang bisa diambil oleh generasi muda dalam perayaan 1 Muharram 1432 H kali ini. Diantaranya menambah kedekatan dengan masjid untuk tidak melupakan salat, mempererat hubungan ukhuwah isalmiyah dan sekaligus membangun sebuah peradaban Islam yang lebih baik.

Momen Intropeksi Diri

Perayaan 1 Muharram juga diperingati warga Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis.  ‘’Jadikan 1 Muharam sebagai intropeksi diri untuk melakukan hijrah ke jalan yang benar dan berbaur dengan masyarakat,”tegas tokoh masyarakat Desa Tumpatan Nibung, Purwanto, Selasa  (7/12).

Purwanto mengungkapkan 1 Muharam dapat dijadikan  sarana untuk mempererat ukhuwah islamiah. “Acara ini bisa mempererat ukhuwah islamiah dan kekeluargaan antara sesama warga,” tegasnya.

Peringatan yang juga disebut suroan itu juga  dimeriahkan dengan menggelar kesenian ketoprak. Unsur Muspika bersama Kades Tumpatan Nibung, Juarno dan masyrakat setempat ikut hadir menyaksikan.
Camat Batang Kuis Tengku M Zaki Aufa S.Sos, dalam amanahnya mengaku bangga karena dapat merayakan 1 Muharam bersama masyarakat Desa Tumpatan Nibung.

Semangat Kerukunan Beragama

Dari Kota Lemang Tebing Tinggi,  tahun baru Islam, 1 Muharam 1432 Hijriah diperingati oleh komunitas Sepeda Ontel Sumatera Utara dengan mengumpulkan anak-anak jalanan.

Bapak Sepeda Ontel Sumatera Utara, Kompol. Safwan Khayat  Mhum mengumpulkan anak-anak jalanan dan Komunitas Ontel Tebing Tinggi untuk mendengarkan ceramah agama yang di gelar dipinggir jalan  tepat depan rumah Dinas Waka Polres Tebing Tinggi Jalan Sutomo, Kota Tebing Tinggi, Senin (6/11) malam.

Al-Ustad Muhammad Ulian Purba dalam kesempatan itu mengajak segenap unsur yang tergabung dalam ontel dan para bikers untuk lebih mencintai semangat kebersamaan dalam membina kerukunan antar umat beragama. ‘’Kita harus bisa meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan,”jelasnya.

Purba menambahkan, dalam menjalin tali silatuhrami harus bisa duduk bersama tanpa membedakan agama. ‘’Agama diturunkan agar umat manusia  bisa membedakan mana yang dilarang dan mana yang diperbolehkan,”bebernya.
Purba menambahkan, hendaknya dalam menyambut  Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1432 Hijriah, umat lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, karena sekarang banyak umat manusia lupa diri. ‘’Bencana dimana-mana, Tuhan lagi menguji hambanya namun umat manusia lupa akan Tuhan,”bebernya.

Dalam kesempatan itu, Ustad Purba juga mengajak umat beragama untuk lebih meningkatkan ketaqwaan, keimanan dan lebih mendekatkan diri ke sang khalik. ‘’Jangan pandang agama sebagai perbedaan jadikanlah agama sebagai semangat kebersamaan,”katanya.

Panitia 1 Muharam 1432 Hijriah, Kompol Safwan Khayat Mhum dalam kesempatan itu juga mengajak semua lapisan Polri merangkul anak-anak jalanan. ‘’Kita harus lebih mengerti apa kemauan anak-anak jalanan. Kita harus bisa  merangkul mereka, jangan kita lihat perbedaan miskin atau kaya lihatlah kita ini semua sama dimata Tuhan,”bebernya.

Anggota polri kata dia,  harus  bisa mendekatkan diri dengan para anak jalanan. ”Kita harus bisa mengarahkan mereka ke jalan yang lebih baik. Malam ini bisa jadi bukti,  kita satukan beragam elemen masyarakat untuk duduk bersama,’’bebernya.

Turut hadir dalam acara tersebut, anak-anak jalanan, para Bikers Club Mio Tebing Fans Club (MTFC), Sepeda Antik Tebing Tinggi (SEPAKAT), Staf Ahli Pemko Tebing Tinggi Drs. Ismail Budiman, para Suhu (biksu), dan komunitas bikers lainnya.  (mag-3/uma/btr/ndi)


YM

 
PLN Bottom Bar