Peluang Dominasi

10:59, 12/02/2011

Sporting Gijon v Barcelona

GIJON – Suasana di ruang ganti Barcelona semakin nyaman. Itu seiring dengan kesepakatan entrenador Josep Guardiola untuk memperpanjang kontrak selama setahun. Modal positif bagi Barca melanjutkan dominasi di Liga Primera Spanyol.

Saat ini Barca berkuasa dengan 61 poin. Mereka unggul tujuh angka di atas rival abadinya Real Madrid yang berada di posisi kedua. Barca juga baru saja mencatat rekor 16 kemenangan beruntun di Liga Primera, memecahkan rekor Real yang bertahan 50 tahun.

Pada pekan ke-23, Barca punya peluang besar memperpanjang rekor fenomenal itu, plus menjadikan mereka mencatat 12 kemenangan di partai tandang selama musim ini. Kebetulan, lawan mereka hanyalah Sporting Gijon, dini hari nanti.

Meski bermain di kandang Gijon, El Molinon, tapi tuan rumah bakal kesulitan membendung Barca. Terutama bila menilik pada performa kedua tim musim ini serta rekor bentrok kedua tim. Selama 14 tahun terakhir Barca selalu menang atas Gijon.

Apalagi, sekalipun sudah unggul tujuh poin, selisih angka terbanyak yang pernah terjadi di antara Barca dan Real dalam tiga musim terakhir, Barca masih tetap ngotot. Mereka ogah kehilangan poin melawan tim manapun dan di manapun.

“Kompetisi baru berakhir apabila secara matematis kami tidak lagi terkejar oleh tim yang berada di peringkat kedua. Kami masih berada di Februari dan tidak ada yang juara di Februari. Kami tetap bekerja keras,” kata David Villa, striker Barca, seperti dikutip AFP.

Villa menambahkan, dengan suasana yang harmonis di ruang ganti plus tidak ada pemain inti yang terkendala cedera, kecuali kapten Carles Puyol, Barca kan sulit untuk dihentikan. “Keputusan pelatih tentu membuat kami lebih tenang dan harmoni terjaga,” kata mantan pemain Valencia itu.

Hanya, yang harus menjadi perhatian Guardiola adalah pada tengah pekan nanti mereka akan bertarung di first leg babak 16 besar Liga Champions melawan Arsenal. Itu artinya, Guardiola harus lihai menjaga kebugaran pemain.

Bila terlalu memforsir  tenaga para pemain utama, tentu akan menjadi masalah. Sebab, pemain seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan David Villa, baru saja bermain membela negaranya pada laga uji coba internasional (10/2).

Di sisi lain, pelatih Gijon Manuel Preciado menyadari tidak akan mudah bagi mereka menahan Barca. Namun, itu bukan sesuatu yang tidak mungkin.
“Mereka tim hebat, punya rekor hebat, tapi kami tidak boleh menyerah,” kata Preciado.  Masalah bagi Preciado adalah absennya Alberto Lora dan Gregory Arnolin yang terkena skorsing. Dengan begitu, Preciado akan berharap banyak pada Sebastian Eguren berada dalam kondisi fit dan siap bermain dini hari nanti. (ham/jpnn)


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar