Militer Gembleng Mahasiswa LP3I

15:02, 07/09/2009

Ajari Disiplin Sejak Awal

mahasiswa-lp3i MEDAN-Politeknik LP3I Jalan H Adam Malik Medan menggelar kuliah umum bagi 350 mahasiswa baru. Kegiatan diselenggarakan di Gedung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Gatot Subroto Medan pada 4-5 September 2009.

Kegiatan ini diadakan Politeknik LP3I Kampus Adam Malik bekerja sama dengan Informasi dan Pengolahan Data Kodam (Infolahtadam) I Kodam I Bukit Barisan selaku pemberi materi pada hari pertama dan praktik pada hari kedua.

“Maksud dari kegiatan ini adalah untuk kesiapan mental dan disiplin agar mahasiswa tahu bahwa mereka tidak lagi berada di SMA melainkan di perguruan tinggi. Jadi mereka diharapkan bisa lebih serius  dalam menempah diri dan ilmu pengetahuan. Juga agar tak bermanja-manja dan bermain lagi dalam menghadapi perkuliahan,” ungkap Koordinator Kampus Politeknik LP3I Kampus Adam Malik, Asri Sanusi SE.

Pada hari pertama (4/9), menurut Asri, personel Infolatahdam memberi materi kuliah membangun semangat kebersamaan dan kedisiplinan guna meningkatkan semangat nasionalisme dan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Materi yang diberikan berkaitan dengan politik strategi nasional (Poltranas), pertahanan nasional, kewarganegaraan, identitas nasional, otonomi daerah, wawasan nusantara dan demokrasi. ‘’Pemateri yakni Mayor TNI Jack Malau, Kapten TNI Agung, Kapten TNI Mukidi dan Kapten Maryadi,’’ katanya.

Sedangkan pembekalan Sabtu (5/9) diadakan di halaman PRSU dengan kegiatan Peraturan Baris-berbaris (PBB).

“Dengan PBB ini mereka bergerak, melatih konsentrasi dan mengajak pribadi mereka agar bisa mengkoordinir dan dikoordinir. Pada kegiatan praktik hari ini, kami melakukan tindakan tegas kepada mahasiswa baru tapi tanpa kekerasan,” ungkap Jack selaku instruktur yang juga selaku Kasi Pembinaan Sistem Informasi Administrasi (Binsisformin) Kodam I Bukit Barisan.  Ia menerangkan, tindakan tegas itu seperti memberikan hukuman kepada mereka yang tidak disiplin akan membuat mahasiswa. ‘’Mereka akan berpikir untuk lebih disiplin. Kegiatan seperti ini juga untuk menyiapkan mahasiswa agar tidak hanya pintar, tetapi juga  bisa memimpin dan dipimpin,” tutur Jack. 

Jack menambahkan, dalam militer berlaku sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).

Hal ini bukan hanya berlaku di militer, tetapi dapat diaplikasikan dalam bidang keilmuan. “Ilmu mahasiswa, dapat diaplikasikan untuk membela, mempertahankan dan mengamankan negara,” ujar Jack. (saz)

///Pengenalan Kampus: Politeknik LP3I Jalan H Adam Malik Medan menggelar kuliah umum bagi 350 mahasiswa baru di Gedung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada 4-5 September 2009.//sazaly/sumut pos///


YM

 
PLN Bottom Bar