Tantangan Juara Bertahan

10:19, 29/01/2011

Everton v Chelsea

LIVERPOOL-Chelsea sukses berkiprah di Piala FA dalam empat tahun terakhir. Yakni dengan merengkuh juara tiga kali, termasuk di dua edisi terakhir. Namun, upaya Chelsea memburu hat-trick mendapat rintangan berat di putaran keempat atau babak 16 besar.

Itu setelah The Blues (sebutan Chelsea) bakal menghadapi Everton di Goodisok Park malam nanti. Bentrok kedua tim merupakan ulangan final edisi 2009 yang kala itu dimenangi Chelsea 2-1.

Tapi, kemenangan itu merupakan satu-satunya yang dicatat Chelsea atas Everton dalam enam pertemuan terakhir. Dengan kata lain, Everton menjadi lawan setara bagi skuad Carlo Ancelotti. Apalagi pertemuan terakhir di Goodison Park 10 Februari tahun lalu dimenangi tuan rumah dengan 2-1.

“Everton tampil bagus setiap menghadapi tim besar, khususnya ketika bermain di kandangnya sendiri. Jadi, menghadapi mereka akan menjadi tes besar bagi kami,” kata John Terry, kapten Chelsea, di Chelsea TV.

Lawatan ke Goodison Park itu sekaligus menjadi tantangan Chelsea yang baru saja menemukan form terbaiknya. Dalam tiga laga terakhirnya, Chelsea menang terus dengan agregat 13-0. “Tentu saja kami ingin mempertahankan performa terbaik kami belakangan ini. Kami  akan bermain fight,” sambung Terry.

Di pihak lain, Everton tidak mau kalah. Tim asuhan David Moyes itu mulai menemukan kepercayaan dirinya lagi. Everton memang tidak meraih kemenangan besar seperti Chelsea, tapi The Toffees (sebutan Everton) terhindar dari kekalahan di empat laga terakhirnya.

Ditinggal Tim Cahill yang membela Australia di Piala Asia 2011 ternyata tidak terlalu mengurangi daya gedor Everton. Itu karena Louis Saha mulai menemukan kepercayaan dirinya lagi. Everton bahkan berani meminjamkan dua strikernya, Aiyegbeni Yakubu dan James Vaughan, ke klub lain di bursa transfer Januari ini.

“Saya masih memiliki Saha, (Jermaine) Beckford, dan (Victor) Anichebe di lini depan. Saya percaya ketiganya bisa diandalkan di sisa musim ini,” kata Moyes kepada Liverpool Echo. (dns/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar