Resmi Milik Madrid

09:49, 28/06/2009

MADRID-Cristiano Ronaldo resmi menjadi milik Real Madrid. Kemarin, Manchester United dan El Real menuntaskan proses kepindahan pemain terbaik dunia 2008 itu.
Di Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, Ronaldo dikontrak selama enam musim. Nilai transfernya 80 juta pounds (Rp1,3 triliun). “Real Madrid dan Manchester United telah menandatangani persetujuan final dari transfer Cristiano Ronaldo dan akan efektif mulai 1 Juli mendatang,” demikian statemen Real Madrid dalam situsnya. “Sang pemain akan bersama Real Madrid selama enam musim ke depan dan akan diperkenalkan pada tanggal 6 Juli di Stadion Santiago Bernabeu.

Selama memperkuat El Real, Ronaldo akan mendapat bayaran sebesar 13 juta Euro (Rp188 miliar) tiap musim. Itu adalah gaji tertinggi sepanjang sejarah sepak bola. Jumlah itu naik signifikan dari yang diterimanya selama memperkuat Setan Merah, julukan Manchester United. Yaitu 7,5 juta Euro atau sekitar Rp 108 miliar per musim. Selain gaji pokok tersebut, Ronaldo juga masih menerima pembagian hak image atas dirinya yang nilainya akan naik 25 persen tiap musim. Media Spanyol melansir, dari pembagian hak image saja, di tahun pertamanya Ronaldo akan menerima sekitar 4 juta Euro (Rp58 miliar).

Kabarnya, saat Ronaldo dikenalkan secara resmi pada 6 Juli nanti di Santiago Bernabeu, akan disaksikan langsung oleh 25.000 Madridista (sebutan suporter Real Madrid). Acara launching Ronaldo itu juga akan diliput oleh 500 reporter dari 25 negara.

Jumlah itu akan memecahkan rekor perkenalan pemain El Real sebelumnya. Saat Robinho pertama kali mendarat di Bernabeu. Sekitar 11.000 fans berkumpul pada 26 Agustus 2005, untuk melihat bintang asal Brasil tersebut dari dekat. Sementara ketika Zinedine Zidane diperkenalkan, jumlah reporter yang meliput mencapai 400.
Perekrutan Cristiano Ronaldo merupakan bagian dari langkah ambisius yang dicanangkan Presiden Madrid, Florentino Perez. Sebelumnya, Los Merengues berhasil mendapatkan bintang AC Milan, Kaka, dengan fee transfer 56 juta pound. Terakhir, Madrid menggaet bek Valencia, Raul Albiol dengan fee 12 juta pound. Ditambah Ronaldo, artinya sejauh ini, untuk kembali membangun era Galacticos,
Perez telah mengeluarkan dana tak kurang dari 148 juta pound atau sekitar Rp2,5 triliun.

Dalam kepemimpinan Florentino Perez di Santiago Bernabeu sebelumnya (2000-2006), Perez juga sekses mendatangkan sederet pemain kelas satu dunia. Antara lain, Zinedine Zidane, David Bekham, dan Ronaldo. (ali/ko/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar