Teka-teki Masa Depan Ribery

10:44, 16/07/2009

MUNCHEN – Masa depan Franck Ribery menjadi teka-teki. Meski Bayern Munchen ngotot mempertahankan Ribery, klub pemburu gelandang asal Prancis itu juga tidak menyerah. Perburuan belum berakhir hingga bursa transfer ditutup pada 31 Agustus nanti. Real Madrid berada pada deret terdepan klub yang berminat kepada Ribery. Klub raksasa Spanyol itu siap menggelontorkan dana 55 juta euro atau sekitar Rp 786,5 miliar. Selain Real, beberapa klub ngebet memboyong Ribery. Di antaranya, Barcelona, Chelsea, Manchester United, dan Liverpool.
Berulang-ulang Presiden Bayern Karl-Heinz Rummenigge menegaskan tidak akan menjual Ribery. Segala cara dilakukan. Salah satunya adalah melambungkan banderol Ribery menjadi 80 juta euro atau sekitar Rp1,14 triliun.

Harga selangit itu membuat pintu transfer Ribery hampir pasti tertutup. Klub-klub yang meminati pemain 26 tahun tersebut pun ngeper. Real bahkan sudah menyatakan menyerah.

Tapi, belakangan kubu Bayern dilanda kegamangan. Opsi melepas Ribery kembali mengapung ke permukaan. Mungkin saja FC Hollywood -julukan Bayern Munchen-bakal menurunkan banderol Ribery dan melepas pemain yang sesungguhnya terikat kontrak sampai 2011 itu.

’’Sejujurnya, Franck Ribery memiliki peran penting dalam tim ini. Tapi, dalam sepak bola profesional, Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi. Kami sudah melihat yang terjadi pada Cristiano Ronaldo,’’ kata Louis van Gaal, pelatih Bayern, seperti dikutip AS.

Keraguan pelatih asal Belanda tersebut tidak lepas dari terus berkembangnya rumor terkait dengan masa depan Ribery. Salah satunya dipicu oleh pernyataan Direktur Real Madrid Emilio Butragueno yang menegaskan bahwa Los Merengues -sebutan Real Madrid- tidak akan menyerah dalam memburu Ribery.

Di sisi lain, Bayern memiliki risiko besar jika terus ngotot mempertahankan sang bintang. Sebab, Ribery sudah menjalani dua tahun di antara empat tahun kontraknya yang berakhir pada 2011. Dia bisa meninggalkan Bayern dengan dasar Artikel 17 FIFA.

Jika mengacu pada regulasi itu, jangan harap musim depan Bayern bisa dapat dana besar dari penjualan Ribery. Sekarang Bayern bisa memasang banderol 80 juta euro. Tapi, musim depan Ribery bisa hengkang dengan kompensasi sepertiga dari banderol sekarang.

Itulah alasan yang membuat Van Gaal tidak yakin Bayern bisa mempertahankan Ribery. Apalagi, para peminat Ribery adalah klub-klub mapan dunia. Real, Barcelona, dan United punya nama besar yang menjadi daya tarik bagi Ribery untuk meninggalkan FC Hollywood.

Selain tawaran yang diajukan Real, pinangan dari Barcelona memikat. Selain uang tunai, mereka bersedia melepas Alexandre Hleb dan Eidur Gudjohnsen. Chelsea tak mau kalah. Mereka siap menggelontorkan 40 juta euro (sekitar Rp574 miliar) plus bek kanan asal Portugal Jose Bosingwa.(ham/ca/jpnn)

Tak hanya Van Gaal yang mulai ragu, Presiden Kehormatan Bayern Munchen Franz Beckenbauer gusar. Selama bursa transfer masih dibuka, rumor tentang Ribery tidak akan berakhir. ‘’Sebelum Agustus berakhir, sama sekali belum ada keputusan yang pasti. Tapi, setelah itu, bursa transfer akan ditutup,’’ ujar Beckenbauer seperti dikutip EARTHtimes.

Sejauh ini Real masih terus menunggu kesempatan yang tepat untuk menggaet Ribery. Berdasar jajak pendapat di harian Marca, hanya 17 persen fans Real yang berpikir bahwa klub pujaannya berani menggelontorkan 80 juta euro untuk Ribery. (ham/ca)


YM

 
PLN Bottom Bar