Tamu Lebih Percaya Diri

12:30, 13/09/2009

MADRID-Valencia mengejutkan pekan perdana Liga Primera, 30 Agustus lalu, dengan mengalahkan Sevilla 2-0. Kemenangan itu istimewa, karena selain diraih dari tim papan atas, Valencia juga menghabiskan sepanjang musim panas dengan membenahi kondisi finansial. Hasil positif itu menjadi bekal berharga saat El Che (sebutan Valencia) melawat ke kandang Real Valladolid, Stadion Jose Zorilla, nanti malam.

Di akhir pekan ini, ada satu lagi yang membuat kepercayaan diri Valencia bertambah. Lima pemain yang dipanggil timnas masing-masing menjalani laga internasional dengan baik. David Silva dan David Villa mencetak gol ke gawang Belgia, dan memastikan Spanyol membukukan tiket di Piala Dunia 2010. Sedangkan Juan Mata menyumbang satu gol ke gawang Estonia.

Striker Miku yang membela Venezuela juga main bagus. Dia menjaga peluang negerinya lolos ke Afsel dengan mencetak gol ke gawang Peru. “Punya deretan pemain yang mewakili negaranya sangat besar efeknya buat kami. Apalagi mereka tampil oke. Mereka siap main besok (hari ini, Red), tapi siapa yang saya pasang sebagai starter, saya belum memutuskan,” beber Emery kepada AS.  
Sebaliknya, Valladolid tidak sedang dalam form terbaik. Pekan pertama lalu, anak buah Jose Luis Mendilibar ditahan imbang Almeria. Sudah begitu, mereka harus kehilangan Nivaldo yang mendapat kartu merah sejak menit ke-13.
Kendati demikian, pelatih El Che Unai Emery meminta anak buahnya untuk tetap fokus dan tidak memandang rendah sang calon lawan. Menurut dia, Valladolid tim yang sulit ditaklukkan.

“Valladolid bisa menciptakan tekanan yang besar kepada lawan. Mereka tidak membiarkan pemain lawan bernafas sedikitpun,” ungkap Emery sebagaimana dikutip Soccernet.

“Pelatih mereka, Mendilibar, melakukan perubahan besar di tim. Sekarang mereka lebih berkarakter. Serangan Valladolid harus diwaspadai. Apalagi, dia sangat mengenal pemain kami,” lanjut Emery. 

Valencia belum bisa memakai gelandang Manuel Fernandez dan Ruben Baraja yang masih cedera. Demikian pula defender Asier Del Horno. Tapi, kemungkinan Emery tidak bisa mempertahankan winning squad yang diterapkan saat menghadapi Sevilla.
Dia harus melakukan rotasi pemain untuk memenuhi kebutuhan di level Eropa. Kamis (17/9) mendatang, Carlos Marchena dkk harus melawat ke Prancis guna menantang Lille di ajang Europa League.

Menurut harian Spanyol Super Deporte, Emery tidak bisa memasang trisula mautnya, Silva, Villa, dan Mata sekaligus. Pilihannya, kalau ingin tampil sempurna di Lille, Silva dan Villa harus rela tidak masuk starter. Dengan demikian, kemungkinan Mata akan didukung oleh Vicente Rodriguez yang baru sembuh dari cedera dan Roy Carroll. Celah ini yang bisa dimanfaatkan oleh Valladolid.
“Kami bekerja dengan semangat memberikan yang terbaik untuk fans. Kami harus meraih poin maksimal di kandang, dan dari situ kami bisa menentukan langkah ke depannya,” papar defender Antonio Barragan. 

“Valencia tim yang solid dan pasti sulit dikalahkan. Tapi kalau bermain di kandang, kami bisa berbahaya. Pertahanan kami sulit ditembus,” tambah kapten Alberto Marcos. “Contoh nyatanya, waktu melawan Almeria di pekan pertama lalu. Bahkan dengan 10 orang selama 80 menit, kami tidak kebobolan,” lanjut Marcos yakin. (na/jpnn)

 

[subjudul]Valladolid vs Valencia[/subjudul]


YM

 
PLN Bottom Bar