On Fire

10:45, 25/11/2009

AC Milan vs Marseille

MILAN – AC Milan menjadi wakil Grup C yang paling berpeluang lolos dari fase grup. Saat ini, mereka memimpin klasemen dengan tujuh poin. Tiket ke babak kedua bisa diperoleh dini hari nanti, jika mereka mampu menundukkan Olympique Marseille di kandang.

Peluang Milan menang sangat besar. Di matchday pertama lalu, pasukan Leonardo itu sudah mempermalukan Marseille di depan publiknya sendiri (15/9). Padahal saat itu Milan tidak sedang dalam bentuk terbaiknya. Mereka terseok-seok di Serie A.

Penampilan mereka di Stade Velodrome (kandang Marseille) juga tidak bagus-bagus kali. Dua gol dari Filippo Inzaghi yang berbau keberuntungan lah yang menyelamatkan Milan dari kekalahan.

Namun, kini situasinya sudah jauh berbeda. Milan sedang on fire, terutama setelah sederet catatan manis di Serie A. Sedangkan di Liga Champions sendiri, Rossoneri (sebutan Milan) mereka mengalahkan Real Madrid dan menahan imbang mereka di San Siro.
“Mudah sekali bermain dengan banyak pemain jenius di Milan. Marco Borrielo dan Alexandre Pato sangat mengeri apa yang bisa saya lakukan di lapangan,” jelas striker Milan, Ronaldinho seperti dikutip AFP.

“Besok malam (dini hari nanti, Red) kami bermain di kandang kami, San Siro. Saya merasa nyaman di sini. Fans mengerti bahwa saya membutuhkan dukungan mereka, dan itu memotivasi saya untuk mencetak gol,” tambah striker asal Brasil 28 tahun itu. 

Milan turun ke laga ini berbekal kemenangan tipis 4-3 atas Cagliari di Serie A. Bukan hasil yang mengesankan, memang. Banyaknya gol yang dicetak lawan menunjukkan bahwa sektor belakang Milan sangat rawan tembus. Ini bisa berbahaya, karena saat menjamu Marseille nanti mereka belum tentu bisa diperkuat gelandang Mathieu Flamini dan Gennaro Gattuso yang masih cedera.

“Memang benar, kami punya masalah dalam pertahanan. Tapi kami sangat menyadari hal itu, dan sedang bekerja keras membenahinya,” ungkap Leonardo, seperti dikutip situs resmi FIFA.

“Tapi saya senang dengan semangat juang anak-anak. Kami sempat tertinggal 1-2, tapi akhirnya striker kami berhasil membalikkan keadaan,” lanjutnya. Striker dimaksud Leonardo adalah trio Marco Borriello, Alexandre Pato, dan Ronaldinho.

Yang jadi masalah sekarang, Borriello sedang menderita cedera paha dan belum tentu bisa main. Hal itu yang akan dimanfaatkan oleh Marseille. Apalagi kepercayaan diri mereka sedang tinggi setelah mengalahkan musuh bebuyutannya, Paris St Germain 1-0. “Senang sekali bisa mengalahkan PSG sebelum berangkat ke Milan. Itu bagus untuk memompa konfidensi kami,” kata defender Marseille Gabriel Heinze. “Tentu saja Milan punya karakter yang jauh berbeda. Tapi saya optimistis kami masih bisa menang. Kami memang harus menang jika ingin membuka peluang lolos,” tambahnya.

Saat ini, Marseille berada di peringkat ketiga Grup C dengan nilai lima. Kemenangan atas Milan akan membuat persaingan ke babak kedua semakin sengit. (na/jpnn)


YM

 
PLN Bottom Bar