Bebas Formalin dan Borak

09:56, 18/10/2010

BALAI KOTA- Ikan yang dijual ke masyarakat dipastikan bebas formalin dan borak. Hal ini terbukti dari Inspeksi Mendadak (sidak) yang dilakukan Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Medan ke sejumlah pasar di Medan, Kamis (14/10) hingga Jumat (15/10).
“Sidak ini kegiatan rutin Distanla untuk mengantisipasi keberadaan ikan-ikan yang mengandung zat-zat kimia,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Ir Wahid di Balai Kota, Jumat (15/10).

Ditambahkan Kepala Bidang Bina Usaha Distanla Medan Ir Abdur Rahim Daulay, sidak dilakukan dalam dua tahapan yakni secara kasat mata (organ olaptif) dan uji laboratorium. Secara kasat mata, tidak ditemui indikasi ikan berformalin atau yang mengandung borak. Namun itu juga masih akan diperkuat oleh uji laboratorium. Untuk uji laboratorium akan dibawa ke Lembaga Penelitian dan Pengujian Untuk Hasil Perikanan di KIM Mabar.

Sementara itu, beberapa sample ikan yang diambil untuk uji laboratorium adalah jenis ikan dencis, gembung, tongkol, mujahir, ikan lidah, dan ada juga bakso yang berasal dari daging ikan serta kepah.
Wahid mengungkapkan, ikan-ikan yang ada di pasar Medan, bukan hanya dari Medan saja, tapi berasal dari luar kota dan luar provinsi.

Pada kesempatan itu, Wahid memaparkan, walaupun bisa dibilang pasar-pasar di Medan bersih dari formalin. Tapi tetap saja, masyarakat harus waspada. “Peredaran ikan di Medan ini, seperti mata rantai. Penjual di pasar-pasar, terkadang tidak langsung membeli dari nelayan. Ada yang dari pengumpul dan agen-agen,” paparnya.

Sementara ikan berformalin atau yang mengandung borak, ciri-cirinya kebalikan dari ikan yang sehat. Selain itu, ikan yang berformalin jika digoreng minyak untuk menggoreng berubah jadi hitam. (ari)

Sasaran Sidak

  1. Pasar Cemara
  2. Pusat Pasar
  3. Pasar Sukaramai
  4. Pasar Simpang Limun
  5. Pasar Petisah
  6. Pasar Brayan
  7. Pasar Glugur
  8. Pasar Sikambing
  9. Pasar Pringgan

Sampel Uji Laboratorium

  1. Ikan dencis
  2. Gembung
  3. Tongkol
  4. Mujahir
  5. Ikan lidah
  6. Bakso daging ikan
  7. Kepah

Ciri-ciri Ikan Sehat

  1. Insang berwarnah merah
  2. Mata ikan tidak merah
  3. Daging tidak kenyal
  4. Perut ikan tidak pecah
  5. Digoreng minyaknya tidak warna hitam

YM

 
PLN Bottom Bar