Fitriyus Lengser, Diganti Syaiful

10:04, 12/01/2011

SK Sekda Medan Diteken di Penjara

Rahudman Tersenyum, Syaiful Ucapkan Alhamdulillah

MEDAN-Informasi pergantian Sekda Kota Medan semakin santer. Menurut keterangan Sekda Kota Medan, HM Fitriyus, segera lengser. Penggantinya Kepala Bappeda Kota Medan, Syaiful Bahri. Informasi tersebut, sudah menjadi perbincangan sejumlah pejabat Kota Medan. Ada yang mengaku surprise, ada yang mengaku mendukung pergantian tersebut. Ada pula pejabat yang mengaku biasa saja.

“SK Syaiful Bahri sebagai Sekda Medan sudah diteken Syamsul (Gubsu, Red) di Rutan Salemba, beberapa waktu lalu. Saya sudah lihat SK-nya. Jadi saat ini tinggal menunggu pelantikannya saja,” demikian diucapkan seorang pejabat Kota Medan kepada wartawan koran ini.

Sejumlah pejabat mengatakan, Syaiful memang pejabat yang paling tepat diangkat sebagai Sekda untuk menggantikan Fitriyus. Pasalnya, selain kenyang pengalaman sebagai birokrat, Syaiful Bahri merupakan pejabat paling senior.
“Saya nggak terkejut. Memang Bang Syaiful yang paling layak,” kata pejabat tersebut. Beberapa pejabat yang ditemui wartawan koran ini, kemarin, terlihat sedang menelepon Syaiful Bahri mengucapkan kata selamat, meski pelantikan belum dilakukan.

Selain itu, banyak juga pejabat Pemko Medan yang membahas latar belakang pencopotan Fitriyus. Disebutkan, isu pelengseran Fitriyus dimulai sejak Rahudman-Eldin memenangkan putaran kedua Pilkada Medan. Disebut-sebut, Fitriyus dinilai tidak loyal kepada atasannya. Proses pelengseran Fitriyus semakin cepat saat Gubsu Syamsul Arifin masuk Rutan Salemba. “Kami tidak tahu persis. Tapi infonya seperti itu. Ya, kalau tak cocok sama atasan ngapain dipertahankan,” tukas pejabat lainnya.

Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, saat ditemui wartawan koran ini di pelataran parkir Hotel Danau Toba Medan, Selasa (11/1), membantah informasi tersebut. “Dari mana kabar itu, saya saja belum tahu,” ujar tersenyum lebar kepada wartawan koran ini. Wartawan koran ini kemudian memancing Rahudman dengan pertanyaan lainnya. “Kalau informasi itu benar, setelah dilengserkan, Fitriyus diberi jabatan apa, atau malah dinonjobkan? Rahudman tak menjawab dan malah tersenyum lebar kepada wartawan koran ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Medan, Lahum Lubis, juga mengaku belum tahu mengenai informasi pelengseran Fitriyus. “Saya belum mengetahui adanya rencana pergantian Sekda. Mungkin di BKD Pempropsu lebih tahu, karena yang mengusulkan pergantian itu dari Pempropsu,” katanya singkat. Namun seorang sumber di BKD Medan mengatakan, proses pelantikan Syaiful Bahri sebagai Sekda Medan sedang diproses. “Saya tak tahu kapan pastinya, tapi dari persiapan, sepertinya pekan depan ada pelantikan,” ujar sumber tersebut.

Bagaimana Fitriyus menanggapi informasi itu? Ditemui wartawan koran ini, Fitriyus enggan menjawab. Fitriyus malah berulang kali mengatakan, kenapa wartawan koran ini selalu mempertanyakan hal itu (sebelumnya dalam beberapa kali kesempatan Fitriyus juga enggan menjawab pertanyaan seputar pelengseran dirinya, Red). “Kenapa pertanyaan itu, pertanyaan yang lain saja ya!” pintanya. Saat didesak, apakah dirinya siap jika memang harus diganti? Pertanyaan itu juga tak dijawab Fitriyus. Dia hanya diam dan meninggalkan wartawan koran ini, masuk ke mobil dinasnya lalu meninggalkan Balai Kota.

Bagaimana pula dengan Kepala Bappeda Medan, Syaiful Bahri? Dia terlihat sumringah dan mengucapkan syukur. “Alhamdulillah kalau memang seperti itu,” katanya singkat.
Syaiful juga menyatakan, dirinya siap jika memang diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan. “Saya siap ditempatkan kemana saja. Ini tugas. Kalau memang itu benar, saya ucapkan Alhamdulillah,” pungkasnya. (ari)



YM

 
PLN Bottom Bar